Kamis, 17 Oktober 2019 |
Kesehatan & Olahraga

Biar Kembali Fresh Usai Mudik Lebaran, Anda Perlu 8 Vitamin Ini

Kamis, 13 Juni 2019 05:49:53 wib
ft: ilustrasi google.co.id

JAMBIDAILY KESEHATAN-Mudik lebaran dengan berbagai kegiatan dan melakukan perjalanan panjang mungkin akan mengurangi stamina anda setelah kembali beraktifitas.

Padahal seyogyanya, pasca mudik lebaran akan mendapatkan spirit dan semangat baru untuk beraktifitas.

Untuk itulah mungkin tubuh anda memerlukan asupan vitamin-vitamin yang dapat segera memulihkan stamina agar kembali fresh.

Seperti dilansir dari okezone.com, kamis (13/06/2019), setidaknya dibutuhkan asupan delapan jenis vitamin agar stamina kembali fresh dan semangat;

1. Vitamin D

Dalam hasil penelitian Vitamin D dapat mengurangi risiko kanker. Tiga studi yang dipresentasikan pada konferensi American Society of Clinical Oncology telah menemukan bahwa mengonsumsi suplemen Vitamin D dapat mengurangi risiko kematian akibat kanker.

Para ilmuwan percaya bahwa Vitamin D menghasilkan enzim yang 'mendetoksifikasi' asam alami dalam tubuh, mencegah kerusakan pada organ internal, yang pada gilirannya mengurangi risiko kanker. Vitamin D terkandung dalam beberapa makanan tetapi kebanyakan dibuat ketika kulit kita terkena sinar matahari.

Cara agar anda mendapatkan Vitamin D adalah dengan menghabiskan lebih lama di bawah sinar matahari, makan banyak ikan, dan minum suplemen harian.

2. Kalium

Potasium atau sering disebut kalium sangat penting fungsinya bagi tubuh. Kadar potasium yang rendah memiliki konsekuensi besar pada fungsi tubuh.

Kalium menurunkan tekanan darah Anda Mineral esensial ini melemaskan dinding pembuluh darah Anda, menurunkan tekanan darah Anda dalam prosesnya. Studi menunjukkan asupan kalium yang rendah dapat menyebabkan tekanan darah lebih tinggi dan risiko lebih tinggi menderita stroke.

Cara untuk Mendapatkan asupan Kalium adalah dengan memakan lebih banyak garam, Makan lima porsi buah dan sayuran per hari, dan makan lebih banyak protein tanpa lemak.

Baca Juga: Tampil Perdana di Acara Kerajaaan Inggris, Meghan Markle Memukau
Makan lima porsi buah dan sayuran per hari, dan makan lebih banyak protein tanpa lemak.

3. Vitamin C

Vitamin C dapat mencegah Alzheimer. Alzheimer adalah penyakit degeneratif progresif pada otak yang umumnya menyerang orang tua dan dikaitkan dengan perkembangan plak-plak beta amiloid pada otak. Penyakit ini dicirikan oleh kebingungan, disorientasi, kegagalan memori, gangguan bicara, dan demensia.

Manusia harus mengonsumsi minimal 50-100 Mg Vitamin C per hari. Cara mendapatkan vitamin C adalah dengan mengonsumsi buah- buahan seperti Stoberi, Nanas, Brokoli, Mangga, dan lain sebagainya.

4. Magnesium

Magnesium berperan dalam lebih dari 300 proses biologis yang terjadi di dalam tubuh, termasuk pencernaan, komunikasi antar sel saraf, hingga gerakan otot-otot.

Saking pentingnya fungsi magnesium, rangka manusia mampu menyimpan hingga 60 persen kebutuhan magnesium sementara sisanya tersimpan di dalam jaringan otot, jaringan lunak, hingga sel-sel darah. Magnesium juga dapat mengusir insomnia. Cara mendapatkannya adalah dengan memakan Cokelat, Alpukat, Sayuran Hijau dan lain sebagainya.

5.Vitamin K2

Beberapa ahli memperkirakan bahwa kekurangan vitamin K2 dapat mempengaruhi lebih dari 90% populasi. Nutrisi ini sangat penting untuk memperkuat tulang kita. Penelitian terbaru memperlihatkan rendahnya vitamin K2 dengan peningkatan risiko patah tulang pada anak-anak.

Penelitian terbaru memperlihatkan rendahnya vitamin K2 dengan peningkatan risiko patah tulang pada anak-anak.

Penelitian lain menunjukkan bahwa meningkatkan Vitamin K2 dapat membantu mencegah penyakit penipisan tulang yang umum, osteoporosis, pada orang tua. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah banyak susu. Manusia pada umumnya harus mengonsumsi minimal 5 gelas susu per hari.

6. Vitamin B

Vitamin B dapat mengurangi stres. Ada delapan vitamin B esensial yaitu tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, vitamin B6, biotin, asam folat, dan vitamin B12. Penelitian oleh Swinburne University di Australia menemukan bahwa mengonsumsi semua nutrisi ini dapat mengurangi stres terkait kerja hingga 20%.

Cara memasok vitamin B ke dalam tubuh adalah dengan banyak mengonsumsi daging, ikan, dan susu. Bisa juga dengan mengonsumsi buah dan sayur misalnya Blueberry, stroberi, ceri, Kentang, dan wortel.

7. Zat besi

Kekurangan zat besi dapat memperlambat metabolisme, sehingga Anda kesulitan untuk menurunkan berat badan. Ini karena zat besi membantu membawa oksigen ke semua sel tubuh, termasuk otot Anda, yang pada gilirannya, membantu mereka membakar lemak.

Jadi, kekurangan nutrisi ini dapat mencegah lemak dibakar sebagai energi. Zat besi yang dibutuhkan seseorang per hari adalah 5-14,8 Mg zat besi. Cara mendapatkan zat besi ialah dengan mengonsumsi daging, kuning telur, ikan dan masih banyak lagi.

Cara mendapatkan zat besi ialah dengan mengonsumsi daging, kuning telur, ikan dan masih banyak lagi.

8. Vitamin A

Vitamin A memang berfungsi untuk meningkatkan penglihatan. Vitamin ini memainkan peran penting dalam penglihatan dengan mempertahankan kornea bening, dan memungkinkan Anda melihat dalam kondisi cahaya rendah.

Studi menunjukkan mendapatkan cukup vitamin A dapat membantu memerangi katarak dan penyebab paling umum kebutaan. Cara mendapatkannya dengan banyak mengonsumsi Hati, Susu, Yoghurt, Wortel, paprika, dan bayam.


Sumber        : okezone.com/miror
Editor        : Hery FR

(mrt)

KOMENTAR DISQUS :

Top