Jumat, 24 November 2017 |
Kesehatan & Olahraga

Bikin Bahagia, Ini Alasan Lain Nonton Film Horor Itu Baik untuk Kesehatan!

Kamis, 09 November 2017 08:12:14 wib
Manfaat sehat nonton horor/copyright Pixabay.com

JAMBIDAILY TREND, Kesehatan - Mungkin bagi sebagian orang, nonton film horor adalah ide yang buruk, karena kamu hanya menakut-nakuti dirimu sendiri, dan yang paling sial adalah ketika rasa takut itu tak hilang hingga beberapa hari bahkan setelah kamu nonton film tersebut.

Tapi ternyata, penelitian menyatakan bahwa nonton film horor sebenarnya punya efek positif bagi tubuh. Penelitian tahun 2012 yang dilakukan Lovefilm, peneliti dari University of Westminster mengungkapkan bahwa nonton film horor bisa membakar banyak kalori dan membuatmu happy.

Peneliti meminta 10 orang partisipan untuk nonton film horor yang berbeda selagi peneliti merekam detak jantung, asupan oksigen dan keluarnya karbon dioksida. Orang yang nonton film hingga terlonjak dan ketakutan ternyata membakar 184 kalori, yang mana sama dengan jumlah kalori yang dibakar orang bertubuh 63 kg yang berjalan selama 40 menit, menurut American Council dalam Exercise’s physical activity calorie counter.

Stimulasi stres yang ditimbulkan film horor menyebabkan pelepasan hormon adrenalin yang membuat respon sistem saraf lebih baik, ungkap Richard Mackenzie, penulis penelitian. Seiring bertambahnya detak jantung, respon ini juga meningkatkan energi dari tubuh dan membuatmu waspada.

Penelitian kecil ini juga didukung hasil penelitian dari Coventry University tahun 2003 yang diterbitkan dalam jurnal Stress, yang menemukan bahwa nonton film horor secara signifikan bisa membantu sirkulasi darah dan melawan infeksi pada sel darah putih.

Jadi, jika kamu termasuk yang suka tantangan dan cukup nekat nonton film horor, kamu sebenarnya sedang membuat tubuhmu sehat lho. Tapi tentu saja, kamu tak bisa memaksakan diri menonton film horor jika memang tipe penakut, karena bukannya efek relaksasi dan adrenalin yang akan kamu alami, tapi justru stres.


(vem/feb)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top