Senin, 22 Oktober 2018 |
Wisata & Budaya

BPD Papindo Jambi, Siap Melaksanakan Program Kerja Terkait Sertifikasi Usaha Pariwisata

Senin, 07 Mei 2018 07:26:40 wib
Penyerahan berkas Regulasi Perundangan dan peraturan tentang kepariwisataan dari DPD kepada ketua dan pengurus BPD Papindo Jambi

JAMBIDAILY WISATA - Badan Pengurus Daerah (BPD) Perkumpulan Auditor Usaha Pariwisata Indonesia (PAPINDO) provinsi Jambi, akan melaksanakan program kerja terkait sertifikasi usaha pariwisata.

Hal tersebut disampaikan Ketua BPD Papindo provinsi Jambi, Mulyana,SE saat melakukan pertemuan dengan para pengurus untuk membahas kesiapan pelantikan 

"Saat ini kami sedang mempersiapkan untuk pelantikan BPD papindo provinsi Jambi dalam waktu dekat, terkait program kerja tentunya melakukan sertifikasi usaha pariwisata yang ada," Jelas Mulyana,SE (Minggu, 06/05/2018) di sekretariat Papindo.

"BPD Papindo Jambi dalam waktu dekat sedang menyusun agenda disamping pelantikan audiensi dengan pimpinan daerah, baik itu Bupati, Walikota juga Gubernur," Tambahnya.

Adapun unsur pengurus BPD Papindo Jambi, yaitu: Mulyana,SE Selaku Ketua, Wakil Bendahara Fatimah, Hendry Nursal sebagai Sekretaris, dan Elya Zubaidah di posisi bendahara.

Terkait Usaha Pariwisata, secara nasional regulasi dalam ketentuan yang berlaku yaitu:
1. UU No.10 tahun 2009 tentang kepariwisataan.
2. UU No.50 tahun 2011 tentang Riparnas.
3. UU No.52 tahun 2012 tentang sertifikasi kompetensi dan usaha pariwisata
4. UU No.20 tahun 2014 tentang standard dan penilaian kesesuaian.
5. Peraturan Presiden RI No.63 tahun 2014 tentang pengawasan dan pengendalian.
6. Peraturan Menteri pariwisata No.1 tahun 2016 tentang penyelenggaraan lembaga sertifikasi usaha pariwisata
7. Peraturan Menteri pariwisata No.18 tahun 2016 tentang tanda daftar usaha pariwisata.

"Itu sudah di inventaris untuk regulasi pusat tinggal lagi regulasi daerah. Tentunya program papindo adalah bagaimana peran auditor di tengah masyarakat," Ungkap Edy Syahputra,SH Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Papindo melalui pesan WhatsApp, (Minggu, 06/05/2018).

Sementara itu Perwakilan dari DPP Papindo untuk Jambi, Hery FR mengharapkan keberadaan BPD Papindo provinsi Jambi dapat berperan penting dalam kemajuan dunia pariwisata.

"Kami dari DPP mendorong dan memberikan dukungan penuh terhadap BPD Papindo Jambi untuk kemajuan dunia kepariwisataan di provinsi Jambi pada umumnya. Dibeberapa BPD lain saat ini menunjukkan kemajuan yang sangat berarti akan keberadaannya," Ujar Hery FR sembari menyerahkan berkas Regulasi Perundangan dan peraturan tentang kepariwisataan kepada ketua dan pengurus BPD Papindo Jambi.

Sebagai informasi untuk provinsi Jambi saat ini memiliki 9 Orang auditor dari beragam usaha pariwisata 8 Orang berdomisili di Jambi dan 1 Orang saat ini berdomisili di kota Bogor, yaitu; Hery FR, Hendry Nursal, Wiliatno Aji, Khotib Syarbini, M.Ramond EPU, Yopy Hasbullah, Poppy Bustami, Yusnaini dan Fernando.

 

(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top