Jumat, 25 Mei 2018 |
Pendidikan & Teknologi

Buah Hati Berjalan Telanjang Kaki atau Pakai Sepatu, Mana yang Lebih Baik?

Minggu, 13 Mei 2018 10:52:20 wib
copyright pexels.com

JAMBIDAILY KELUARGA, Pendidikan - Bagaimana reaksi mom ketika mendapati buah hati sangat suka berjalan-jalan dengan telanjang kaki tanpa sandal atau pun sepatu? Apakah khawatir, cemas atau justru bahagia dan mendukungnya karena bisa melatih saraf-saraf kakinya agar lebih peka? Mengenai buah hati yang suka berjalan kaki dengan telanjang kaki sebenarnya bukan jadi masalah serius selama ia berjalan di area yang aman. Ini juga tak menjadi masalah ketika si dia mampu membedakan tempat yang aman atau tak aman baginya terutama bagi telapak kakinya. 

Melansir dari laman Liputan6.com, berjalan kaki dengan kaki telanjang bisa membuat anak meningkatkan level keseimbangan dan kemampuan motorik kasarnya. Hanya saja, jika ini dilakukan di tempat yang kurang aman misalnya kasar dan tajam, lembab atau terlalu panas seperti aspal, ini tentu akan berbahaya bagi kaki anak. Mengingat akan hal ini, penting bagi orang tua untuk selalu mengingatkan sekaligus mengajak buah hati memakai alas kaki.

Berjalan tanpa alas kaki bagi anak pada dasarnya memiliki banyak manfaat. Mengutip dari ibupedia.com, manfaat berjalan dengan telanjang kaki atau tanpa alas kaki bagi anak antara lain adalah menguatkan kaki anak, membuat kaki lebih sehat dan peka terhadap lingkungan sekitarnya, kaki anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, memperlancar sirkulasi darah dan mendorong anak untuk mengenal gaya berjalan yang lebih sehat serta alami. 

Para ahli juga menyebutkan jika berjalan dengan bertelanjang kaki sesering mungkin memotivasi perkembangan proprioceptive serta vestibular anak. Hanya saja yang paling penting diingat, membiarkan anak berjalan dengan telanjang kaki harus dilakukan di tempat yang tepat dan aman seperti taman bermain, lantai dengan alas berupa karpet atau tempat-tempat yang bersih dan tidak terlalu kasar. 

Usahakan untuk tidak mengajak anak berjalan dengan telanjang kaki di tempat yang kotor, lembab, panas atau penuh dengan kerikil yang sangat berisiko melukai kaki anak. Jangan biarkan anak lepas dari pengawasan orang tua agar tumbuh kembangnya berjalan dengan maksimal. Mengawasi anak ini juga sebagai langkah paling utama untuk menjaga keselamatan anak. So mom, jangan pernah takut ketika anak suka berjalan dengan telanjang kaki. Tapi ingat, selalu dampingi dan awasi ia agar ia tetap nyaman, aman serta jauh dari segala macam bahaya saat berjalan.


(vem/mim)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top