Rabu, 23 Januari 2019 |
Pendidikan & Teknologi

Bupati Safrial: Tahun Baru Hijriah Adalah Momentum Refleksi Diri

Senin, 17 September 2018 21:34:40 wib

*Mamah Dedeh Tausiyah di Merlung dan Kuala Tungkal

JAMBIDAILY TANJABBAR - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat kembali menggelar Tabligh Akbar dalam rangka Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah dengan mendatangkan Penceramah Kondang Ustadzah Dedeh Rosidah Syarifuddin atau yang terkenal dengan sebutan Mamah Dedeh.

Sesuai jadwal, setelah sore harinya mengisi tausiyah di Mesjid Besar Suryah Khairuddin Kecamatan Merlung, Mamah Dedeh langsung di boyong ke Kuala Tungkal untuk mengisi tausiyah di Alun-alun Kota Kuala Tungkal, minggu (16/09). Baik di merlung maupun di kuala tungkal, terlihat antusiasme masyarakat mendatangi lokasi untuk mendengarkan siraman rohani dari ustadzah yang terkenal dengan jargon ‘curhat dong mah’ nya itu. Di merlung misalnya, setelah tausiyah singkat, momen tersebut langsung saja di manfaatkan oleh warga untuk berdialog serta mencurahkan isi hati (curhat) mengenai segala persoalan kepada mamah dedeh.

Bupati Tanjung Jabung Barat dalam sambutannya menyampaikan pergantian tahun baru islam jangan hanya sebatas seremoni saja, tetapi maknai dan jadikan sebagai momentum untuk merefleksi diri tentang menurun atau meningkatnya keimanan dan ketaatan beribadah.

"Ajak diri kita untuk muhasabah sebanyak dan serutin mungkin, karena sesungguhnya manusia tidak akan lepas dari kesalahan selama masih ada hawa nafsu didalamnya”, ujar bupati.

Bupati mengingatkan, melalui peringatan Tahun baru Islam ini, hal terbaik yang harus dilakukan adalah memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih bertaqwa kepada Allah SWT. Momentum peringatan Tahun Baru Islam ini, lanjut bupati, hendaknya setiap diri dapat mengambil hikmah dari peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW serta dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai modal membentuk pribadi yang kokoh dan berakhlak mulia.

Bupati Safrial juga menekankan pentingnya meningkatkan kualitas pendidikan agama bagi pelajar sebagai penunjang pendidikan umum. Oleh karena itu kata bupati, kedepannya pemerintah akan menyeleksi putra-putri daerah Tanjab Barat yang berprestasi di bidang agama untuk di kirim serta menimba ilmu di negara-negara yang terkenal dengn pendidikan agama islamnya.

“Saya ingin putra putri kita nantinya tidak hanya cerdas, maju dan pintar tetapi juga memiliki akhlak yang mulia seperti baginda nabi SAW," Imbuhnya.

Sementara itu Mamah Dedeh dalam tausiyahnya berpesan kepada semua yang hadir untuk senantiasa menjauhkan diri dari sifat sombong karena sesungguhnya Allah tidak menyukai sifat sombong dan kesombongan pada diri manusia hanya akan membawa kerugian bagi diri sendiri.

Hadir bersama Bupati beserta Ibu Cici Halimah Safrial, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Haji Amir Sakib beserta istri, Sekretaris Daerah Haji Ambok Tuo, Ketua Pengadilan Agama, Asisten, dan Staf Ahli, Kepala OPD, Kepala Bagian dan tentunya seluruh masyarakat Tanjung Jabung Barat. (Hms).

KOMENTAR DISQUS :

Top