Selasa, 16 Oktober 2018 |
Kesehatan & Olahraga

Canangkan Gerakan Hidup Sehat, Ini Kata H Zumi Zola

Rabu, 16 November 2016 20:18:53 wib
Gubernur Jambi H Zumi Zola Canangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

JAMBIDAILY KESEHATAN-Gubernur Jambi, H.Zumi Zola,S.TP,MA mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), bertempat di Lapangan Pertamina Kenali Asam, Kota Jambi, Selasa 15 Nopember 2016.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ini merupakan gerakan nasional, namun pencanangannya hanya dilakukan di 10 daerah dari 34 provinsi di Indonesia, salah satunya Provinsi Jambi, dan pencanangan tingkat nasional dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia di Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Inti dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat adalah upaya pemerintah untuk mempromosikan hidup sehat dan mencegah (preventif) terhadap penyakit, serta dimaksudkan untuk menambah kepesertaan jaminan kesehatan (BPJS Kesehatan).

Zola mengemukakan, kunci gerakan masyarakat hidup sehat adalah pola hidup, yakni pola hidup sehat masyarakat, untuk menghindari penyakit.

Zola mengatakan, pola hidup sehat tersebut diantaranya cuci tangan sebelum makan, makan sayur dan buah-buahan, olah raga, tidur yang cukup, menjaga kebersihan rumah dan pekarangan. Khusus untuk para perokok, Zola menghimbau untuk tidak dekat dengan anak kecil ketika sedang merokok.

"Saya tidak melarang merokok ya, itu hak masing-masing, tetapi saat merokok, tolong jangan dekat-dekat anak kecil," ujar Zola.

Zola menghimbau seluruh masyarakat Provinsi Jambi untuk menerapkan pola hidup sehat karena kesehatan sangat berharga.

"Melalui Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ini, saya menghimbau seluruh masyarakat, yuk kita laksanakan pola hidup sehat, kesehatan itu sangat berharga," ungkap Zola.

Selanjutnya, Zola menghimbau seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi untuk terus menggalakkan pola hidup sehat kepada masyarakat.

Pemerintah, lanjut Zola, seperti yang telah dikemukakan dari dulu, lebih menekankan pencegahan daripada pengobatan penyakit, dan untuk pencegahan penyakit itulah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dicanangkan, dengan harapan agar semakin banyak penyakit yang bisa dicegah dengan hidup sehat, dengan kata lain, agar masyarakat Indonesia semakin sehat.

Zola mengemukakan, Pemerintah Provinsi Jambi terus berusaha meningkatkan akses air minum dan sanitasi bagi masyarakat Provinsi Jambi.

Zola mengapresiasi Pemerintah Pusat yang memilih Provinsi Jambi sebagai salah satu daerah tempat dilaksanakannya pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Zola juga mengapresiasi Gerakan Gemar Makan Ikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia yang berkorelasi dengan hidup sehat.

Selain itu, Zola mengucapkan terimakasih kepada para medis, baik dokter, perawat, bidan, mantri, dan seluruh petugas kesehatan yang telah berdedikasi dan berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Zola memberikan bantuan kepada perwakilan masyarakat penerima uang Benah Rumah.

Selanjutnya, setelah mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Zola beserta istri yang merupakan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi, Hj. Sherrin Tharia Zola menyanyikan lagu Melayu Jambi.

Sebelumnya, Walikota Jambi, H.Sy.Fasha mengukuhkan Forum Kota Jambi Sehat yang ditandai dengan penyerahan pataka kepada para pengurus Forum Kota Jambi Sehat tersebut.

Fasha mengatakan, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dicanangkan di 10 daerah di Indonesia, salah satunya di Kota Jambi, dan di tingkat nasional dicanangkan oleh Presiden RI di Bantul, DI Yogyakarta.

Fasha mengatakan, salah satu penekanan dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kota Jambi adalah agar tidak ada lagi masyarakat yang buang air besar sembarangan (BABS), dan, ada 3 dari 62 kelurahan di Kota Jambi yang sudah 100% bebas dari BABS, yaitu Kelurahan Jemu, Kelurahan Kampung Tengah, dan Kelurahan Pasar.

Fasha menyatakan, Kota Jambi sudah 93% BABS, dan Pemerintah Kota Jambi terus berupaya meningkatkannya hingga 100%.

Dikatakan oleh Fasha, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ini juga ditujukan untuk meningkatkan kepesertaan BPJS, sembari menghimbau masyarakat yang belum mendaftar BPJS untuk mendaftar dalam kepesertaan BPJS.

Ketua Panitia, Sekretaris Daerah Kota Jambi, H.Daru Pratomo menyampaikan, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat merupakan peningkatkan upaya promotif hidup sehat dan preventif penyakit.

"Tujuan dicanangkannya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat adalah untuk meningkatkan optimalisasi hidup sehat dan meningkatkan kepesertaan jaminan kesehatan," ujar Daru Pratomo.

Daru pratomo mengemukakan, salah satu wujud dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat adalah bebas dari Buang Air Besar Sembarangan.(*)


Penulis    : Mustar Hutapea
Foto       :  Mulyadi/ROni
Editor     :  Franky Wijaya

KOMENTAR DISQUS :

Top