Minggu, 21 April 2019 |
Pendidikan & Teknologi

Cara Basmi Ancaman Tikus Menggerogoti Kabel Mesin

Minggu, 14 April 2019 07:27:10 wib
Ilustrasi tikus gigit kabel. (Foto: Istockphoto/tenra)

JAMBIDAILY TIPS, Teknologi - Pernah punya pengalaman tiba-tiba tidak bisa menyalakan mobil setelah parkir lama? Ada berbagai macam kemungkinan hal itu bisa terjadi, salah satu yang jarang terpikirkan namun bisa saja kejadian yaitu mesin dirusak tikus.

Tikus, binatang pengerat lainnya, serangga, dan binatang melata cenderung menyukai ruang gelap, lembab, dan jarang dijamah manusia. Ruang mesin masuk kategori area itu dan posisinya terbilang mudah diakses. 

Tikus, yang biasanya jadi tersangka utama, bisa masuk ke ruang mesin lewat ruangan terbuka di kolong mobil setelah memanjat ban.

Kepala Bengkel Daihatsu Pangeran Jayakarta Dolf Valentino menjelaskan tikus mampu menggerogoti apapun yang berbahan karet dan plastik. Bila kejadiannya pada kabel, ada risiko korsleting dan bisa berujung bahaya.

"Kabel pastinya, dan hose atau selang yang berbahan plastik atau karet ya," kata Dolf kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (13/4).

 

Solusi Atasi Ancaman Tikus

Biar pemilik mobil tidak mau mengalami kerusakan seperti ini, disarankan pintar memilih tempat parkir. Dikatakan lebih baik menghindari wilayah tikus sering ditemukan.

"Saat parkir jika ditinggal lama dan mesin tidak dihidupkan maka jangan parkir dekat dengan lokasi pembuangan sampah, semak-semak, dan saluran air," kata Dolf.

Selain itu, pemilik mobil bisa memasang perangkap khusus tikus lalu meletakkannya di sekitar ban atau area kolong mobil. Perangkap tikus ada banyak macamnya, mulai dari cairan, lem, hingga penjerat.

Cara lain biar binatang pengerat ogah mampir yakni meletakkan wewangian menyengat di sekitar mesin. Pada umumnya tikus dikatakan tidak suka bau mint atau aroma buah mengkudu.

Dolf juga menjelaskan solusi lain, yaitu memasang penerangan di sekitar ruang mesin. 

"Itu bisa menggunakan LED sinar yang dipasangkan saat mesin dimatikan. Tikus biasanya tidak akan memasuki ruang yang terang," ucap dia. (ryh/fea)

 


(cnnindonesia.com)

KOMENTAR DISQUS :

Top