Sabtu, 04 April 2020 |
Kesehatan & Olahraga

Cara Menjadikan Tidur Siang Lebih Bermanfaat dan Menyehatkan Tubuh

Rabu, 18 Juli 2018 07:16:19 wib
copyright pexels.com/Pixabay.com

JAMBIDAILY KESEHATAN - Tidur siang merupakan aktivitas yang bisa membuat pikiran jadi lebih fresh. Ini juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Tidur siang bahkan bisa mendatangkan segudang manfaat buat kesehatan tubuh selama aktivitas ini dilakukan dengan baik, benar dan tepat. 

Philip Gehran, seorang asisten profesor psikologi di University of Pennysylvania, Amerika Serikat mengungkapkan jika tidur siang tidak hanya bermanfaat menghilangkan rasa kantuk tetapi juga mampu meningkatkan semangat, kinerja, kreativitas serta suasana hati. Melansir dari laman Times of India, tidur siang bahkan bisa bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 

Meski begitu, tidur siang tidak serta merta memiliki manfaat buat kesehatan. Ada beberapa cara yang perlu dilakukan demi mendapatkan tidur siang yang menyehatkan. Cara tersebut adalah:

Tidur dengan Durasi Ideal
Pastikan untuk tidur siang dengan durasi ideal. Jangan terlalu singkat juga jangan terlalu lama. Sebaiknya tidur siang dilakukan kira-kira selama 15 - 30 menit. Namun jika pikiran sedang kacau, kamu bisa tidur siang selama 60 sampai 90 menit. Tidur siang dalam waktu yang sangat lama hanya akan membuat tubuh rentan kelelahan, kepala pusing dan perasaan jadi gelisah. 

Hindari Tidur Siang Setelah Olahraga
Setelah olahraga pastikan untuk tidak langsung tidur. Buat diri kamu kembali tenang dan nyaman. Buat juga tubuh tidak lagi capek karena olahraga yang telah dilakukan. Tidur siang selepas olahraga hanya akan membuat kinerja tubuh berantakan. Jika ingin tidur siang selepas olahraga, beri waktu jeda minimal 2 jam. 

Jika Tubuh Tidak Memerlukan Tidur Siang, Jangan Memaksa Tidur
Tidak semua orang memerlukan tidur siang. Untuk itu, jangan memaksa diri kamu untuk tidur siang jika tubuh memang tidak memerlukannya. Ketika malam kamu tidur sudah terlalu lama, akan tidak baik jika kamu menambahkan waktu tidur kamu di siang hari. 

Hindari Tidur Setelah Makan
Baik siang maupun malam, usahakan untuk menghindari makan sebelum tidur. Jika kamu baru saja makan, tunggu 2 sampai 3 jam kemudian dan pergi tidur. Tidur sesaat setelah makan sangatlah tidak baik buat kesehatan. Ini juga bisa meningkatkan risiko obesitas maupun penyakit berbahaya lainnya. 

Well ladies, itulah beberapa cara agar tidur siangmu lebih bermanfaat dan menyehatkan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

(vem/mim)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top