Jumat, 24 Mei 2019 |
Peristiwa

Cegah Karhutla, Sekda Ambok Tuo Hadiri Tatap Muka Tahap I Gladi Posko I Kodim 0419/Tanjab

Rabu, 24 April 2019 20:04:09 wib

JAMBIDAILY KUALA TUNGKAL, Tanjabbar - Kodim 0419/Tanjab bersama Pemkab Tanjung Jabung Barat mulai bersiap mengantisipasi bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Salah satu bentuk persiapan yang dilakukan dengan menggelar Tatap Muka tahap I gladi posko I  Kodim 0419/Tanjab. yang dilaksanakan di Aula Makodim 0419/Tanjab, Rabu (24/4/2019). Kegiatan ini diikuti oleh Sekda Ambok Tuo, Dandim Batanghari, Subdenpom, Kabag Ops Polres Tanjung Jabung Barat, BPBD,Manggala Agni, Dinsos, Dinkes dan Damkar.

Komandan Korem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudi mengatakan kehadirannya sebagai komandan latihan (Danlat) untuk memberikan latihan kepada personil kodim jajaran. "Bagaimana melakukan persiapan dan sinkronisasi kegiatan dan lain lain terkait Karhutlah," katanya.

Untuk itu dibutuhkan sebuah upaya yang harus dilakukan untuk penanggulangan bencana tersebut. Dikatakanya segala upaya harus laksanakan dengan sebaik baiknya. Persiapan itu salah satunya adalah gladi posko ini.

Dalam gladi ini mempersiapkan mulai dari tahap perencanaan hingga tahap pengakhiran, seperti koordinasi, persiapan alat pemadam dan sosialisasi. Karena 99,99 persen kebakaran itu akibat ulah manusia. "Gladi posko begitu penting, kadang kadang kita mengabaikan koordinasi dan sinkronisasi dan pengambilan keputusan. Gladi posko kita akan melihat apa apa saja tahapannya, bagaimana prosedur komunikasi, koordinasi dan pelaksanaannya," ujarnya. 

Hal senada juga disampaikan oleh Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf M.Arry Yudistira bahwa latihan posko I dilakukan untuk meningkatkan hubungan Komandan dan Staf dalam merencanakan operasi dan mengimplementasikan prosedur  tata kerja yang berlaku di suatu Pos Komando.

Sementara Sekda Tanjab Barat, Ambo Tuo Mm mengatakan sesuai dengan arahan Danrem, pemerintah daerah selaku sublatgas akan melakukan rapat koordinasi terkait penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. 

Selaku kepala Bpbd, Sekda telah memerintahkan kepala pelaksanaan Bpbd, Kosasih untuk mengumpulkan seluruh camat dan beberapa kepala opd terkait yang berkaitan dengan tindak lanjut upaya penanggulangan bencana karhutla di Tanjab Barat.

Kepada masyarakat melalui Camat pemerintah menghimbau untuk tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar. Masyarakat diminta untuk tidak lagi mencoba-coba membuka lahan dengan cara membakar, jangan lagi mencoba-coba atau lagi melaksanakan.

Disampaikan sekda, karena deteksi terhadap kebakaran hutan dan lahan itu sudah terdeteksi dengan kemajuan teknologi saat ini dan akan ketahuan dimana lokasi pelakunya.

"Jangan lagi masyarakat mencoba-coba untuk membakar, pasti akan ketahuan. Seketika ketahuan pasti akan diambil tindakan," katanya tegas. (Humas Pemkab Tanjabbar)

KOMENTAR DISQUS :

Top