Minggu, 18 Agustus 2019 |
Hukum

Cegah Provokasi Saat Piala Presiden, Polda Pantau Internet

Minggu, 18 Oktober 2015 12:31:36 wib
Ilustrasi Kejahatan Cyber

JAMBIDAILY HUKUM-Wakil Kepala Polda Metro Jaya Brigadir Jenderal Polisi Nandang Jumantara mengatakan, para suporter Persib Bandung yaitu Bobotoh dan Viking sudah dilakukan bodychecking atau pemeriksaan di Polda Jawa Barat sebelum berangkat ke Jakarta untuk menyaksikan pertandingan Persib Bandung melawan Sriwijaya FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

"Bodycheck sudah dilakukan di Polda Jabar. Hal tersebut dilakukan untuk menggeledah para suporter agar tidak membawa barang-barang yang membayakan seperti petasan, senjata tajam dan lainnya," kata Nandang usai memimpin apel di Mapolda Metro Jaya. Minggu 18 Oktober 2015.

Selain itu, kata Nandang, pihak kepolisian juga akan melakukan patroli siber untuk mengantisipasi langkah provokatif melalui broadcast atau pesan berantai.

Nanti, lanjut Nandang, akan ada serah terima perwakilan suporter di Mapolda Metro Jaya bersama dengan Kapolda Metro Jaya, Kapolda Jawa Barat, Gubernur DKI Jakarta, Walikota Bandung, TNI dan para suporter.

"Nanti ada serah terima simbolis, tapi pendukung lainnya akan langsung ke GBK dengan pengawalan," kata Nandang.

Untuk pengawalan para suporter, Nandang menjelaskan, mereka nanti akan dikawal dari perbatasan tol Jogorawi masuk ke wilayah Jakarta.

"Nanti di setiap perbatasan akan dikawal dari Polda masing-masing dan akan disambut petugas di perbatasan dan dilanjutkan pengawalan," ungkapnya.

Dia juga meminta para suporter yang datang sendiri tanpa rombongan agar tidak memakai atribut dan dihimbau agar mereka meminta pengamanan pihak kepolisian.

"Untuk pendukung yang berangkat sendiri kami minta jangan pakai atribut, dan minta untuk dikawal, setiap anggota ada diperbatasan, setiap fly over dan perempatan di jaga," tuturnya.

Sebelumnya, aksi anarki dari massa yang tidak bertanggung jawab sudah mengancam beberapa pengendara terutama kendaraan ber plat D.

Aksi tersebut menjelang partai final Piala Presiden antara Persib Bandung dan Sriwijaya FC. Beberapa orang sudah diamankan terkait sikap anarki tersebut. Pihak kepolisian pun meminta agar para suporter jangan terpancing dengan provokasi yang dilakukan segelintir orang.(Viva.co.id)

KOMENTAR DISQUS :

Top