Minggu, 05 April 2020 |
Ekonomi

Cek Endra Serahkan Handtraktor ke Petani Penegah

Selasa, 19 September 2017 19:22:56 wib
ALSINTAN: Tampak Bupati Cek Endra menyerahkan bantuan Alsintan kepada petani Desa Penegah/ Photo:adi/sarolangunonline.com

JAMBIDAILY SAROLANGUN, Pertanian - Pemerintah Kabupaten Sarolangun memiliki komitmen yang kuat untuk memajukan pertanian di Bumi Sepucuk Adat Serumpun Pseko. Kemarin (Senin, 18/09/17) Bupati Sarolangun H Cek Endra menyerahkan bantuan alat mesin pertanian kepada kelompok tani yang ada di Desa Penegah Kecamatan Pelawan.

Cek Endra, penyerahan Alsistan secara simbolis ini adalah upaya nyata Pemkab Sarolangun untuk meningkatkan produksi hasil pertanian di Kabupaten Sarolangun. Telah menjadi komitmen untuk menjadikan Kabupaten Sarolangun sebagi lumbung padi. Karena didukung oleh lahan pertanian yang memadai dan pembinaan kelompok tani yang baik. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Sarolangun akan memfasilitasi segala kebutuhan kelompok tani termasuk kebutuhan alat mesin pertanian.

Menurut Bupati, bukan hanya petani Penagah saja yang mendapat bantuan mesin pertanian, tetapi akan diberikan kepada setiap kelompok tani yang telah siap lahan dan sumber daya manusianya. Kerja nyata tersebut sesuai dengan arahan Pemerintah pusat demi terwujudnya swasembada pangan.

Bupati juga berpesan kepada petani agar merawat dan menjaga alsintan dengan baik agar bisa terus digunakan petani. ‘’Mendapatkan alat gampang, yang susah merawat, ada yang belum sampai setahun rusak dan tidak diperbaiki harusnya Poktan pandai mengelolanya,’’ kata Cek Endra.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhortibun) Ir Joko Susilo menyebtukan, bantuan Alsintan yang diberikan kepada petani berupa handtraktor biasa 60 unit dan handtraktor roda empat sebanyak empat unit. Ada juga 17 unit mesin pompa air dan peralatan lainnya. Bantuan tersebut akan disebar kepada seluruh kelompok tani yang ada di Kabupaten Sarolangun.

‘’Penyerahan secara simbolis kita lakukan di Desa Penagah yang dikenal sebagai lumbung padi di kabupaten Sarolangun,’’ kata Joko.

Dalam penyerahan di Penegah kemarin, Bupati didampingi langsung Direktur Alsintan Kementerian Pertanian RI, Suprapti, dan Tokoh Pemuda Jambi yang berkiprah di Jakarta Dipo Ilham Jalil. Terlihat juga Camat Pelawan, Drs Syamsurijal dan Kades Penegah Zamri.

 

(Sarolangunonline.com)

KOMENTAR DISQUS :

Top