Selasa, 19 Februari 2019 |
Peristiwa

Cuaca Ekstrem 4 Orang Warga Tanjabtim Tenggelam, 1 Orang Belum Ditemukan

Minggu, 13 Januari 2019 17:44:07 wib
proses pencarian
JAMBIDAILY TANJABTIM - Akibat cuaca ekstrem 4 (Empat) orang warga Muarasabak Timur, Kabupaten Tanjung Jagung Timur (Tanjabtim), dikabarkan tenggelam di laut Tanjung Solok, Kecamatan Kuala Jambi, Minggu (13/1) dini hari sekitar pukul 02.38 WIB. Dari keempat korban, baru 3 orang yang berhasil selamat, sementara 1 orang atas nama Guntur belum ditemukan.

Informasi yang didapat, korban merupakan pemandu kapal TB LL Cobra 02, yang ingin merapat ke kapal. Speed boat korban terbalik bukan karena ombak besar, melainkan speed boat korban terbawa arus karena mesin speed boat mati. Sehingga kepala speed boat termasuk ke bawah tug boat. Ketiga korban yang selamat ditemukan secara terpisah oleh sekelompok nelayan ketika pulang dari melaut, yakni kelompok nelayan Wandi dan Evi.

Dari keterangan anak buah Wandi, Aan mengatakan, korban ditemukan sekitar pukul 03.00 WIB. Awalnya rombongan Wandi melihat dari kejauhan seperti ikan Tawa. Namun setelah didekati, mereka sangat terkejut kalau itu adalah manusia. Tanpa pikir panjang, mereka langsung menyelamatkan orang tersebut.

"Orang itu kami temukan sudah dalam keadaan lemas, jadi langsung kami selamatkan," ungkapnya.

Setelah menyelamatkan orang tersebut, Wandi berinisiatif meminta bantu kelompok nelayan Evi yang berada tidak jauh dari lokasi ditemukannya korban. Kemudian Evi melanjutkan pencarian korban yang lainnya. Akhirnya rombongan Evi menemukan satu korban lagi bergantung di tali tug boat kapal dan speed boat dalam keadaan terbalik yang ditumpangi korban.

"Speed boatnya dalam keadaan terbalik. Rombongan Evi menyelamatkan korban dan membawa speed boat tersebut ke tepi untuk dibuang airnya. Setelah itu korban dan speed boat digandeng untuk dibawa ke Kampung Laut," ceritanya.

Selanjutnya, setelah korban dibawa ke Kampung Laut, Jhoni yang datang dari Teluk Majelis karena mendapat kabar ada kerabatnya tenggelam melanjutkan pencarian, alhasil Jhoni berhasil mendapatkan Satu korban lagi.

"Waktu kami sampai ke Kampung Laut kami ketemu bang Jhoni Teluk Majelis. Jadi kami bilang ketemu orang tenggelam, dan bang Jhoni yang ngelanjutkan pencarian. Alhamdulillah ketemu 1 orang lagi," terang Aan.

Sementara, hingga Minggu (13/1) sore, korban atas nama Guntur dengan umur berkisaran 50 tahun belum ditemukan. Dan saat ini, pencarian korban dibantu oleh Direktorat Polair Polda Jambi, Polsek Kuala Jambi, para nelayan, serta masyarakat umum dengan menggunakan perahu pribadi dipimpin langsung oleh Kasat Polairud Polres Tanjabtim.

Penulis : Hendri Rosta/Editor : Hendry Noesae

KOMENTAR DISQUS :

Top