Minggu, 23 September 2018 |
Hukum

Curigai Penggunaan Narkoba, 40 Napi Lapas Muara Bulian Dites Urine

Rabu, 22 Juni 2016 07:15:08 wib
Lapas Muara Bulian Lakukan tes urine para napi

JAMBIDAILY HUKUM-Mengantisipasi para Napi masih menggunakan narkoba, Lapas Kelas II B Muara Bulian melaksanakan tes urine bagi para napi yang dicurigai.

Sasaran tes urine ini sendiri dilakukan terhadap napi yang hanya dicurigai saja, dan nama dari 40 orang napi itu sebelumnya juga telah dipersiapkan oleh pihak Lapas II B Muara Bulian.

"Pada umumnya yang di tes urine ini adalah dari tahanan narkoba, dan ada juga yang tahanan lain,"papar Kepala Lembaga Pemasyarakatan II B Muara Bulian, Asman Tanjung, Selasa 21 Juni 2016 kepada wartawan rencana tes urine untuk para napi tersebut.

Dijelaskannya, untuk itu pihaknya telah melakukan koordinasikan ke Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Batanghari.

Terpisah, AKBP Nukmansyah mengatakan, bahwa usai dilaksanakan, hasil dari tes urine ini akan disampaikan kepada Kalapas II B Muara Bulian.

"Hal ini kami lakukan setelah Kalapas meminta kami untuk melakukan tes urine bagi sejumlah para tahanan. Makanya hari ini kami langsung terjun ke lokasi untuk mengmbil urine 40orang tersebut," Kata Nukmansyah.

Dikatakan Nukmansyah, jika ada yang terbukti atau positif, pihak BNNK sendiri akan menyerahkan kepada pihak Lapas.

"Dan jika ada yang akan dirawat jalan, mungkin akan dipindahkan ke Lapas Muara Sabak. Karena, di Lapas tersebut ada program untuk rawat jalan bagi tahanan Narkoba dua kali dalam satu tahun," jelasnya.

Untuk mempermudahkan rawat jalan ini, kedepannya para tahanan khusus Narkoba ini kabarnya akan disatukan tempatnya, guna mempermudah proses rehab atau rawat jalan tersendiri.

"Untuk sementara ini, jika ada yang mengajukan hak-hak dan kewajiban mereka, jika ada yang positif, hak yang bersangkutan akan di cabut," ujarnya.

Hingga berita ini diturunkan belum diketahui hasil tes para Napi tersebut.(*)

Penulis    : Syahreddy
Editor     : Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top