Selasa, 25 Juni 2019 |
Hukum

CV Paku Bumi Diduga Larikan Upah Tukang Ratusan Juta, Proyek Gedung IKM di Tanjabtim Sempat Dirusak

Sabtu, 29 Desember 2018 21:52:21 wib
Gedung IKM Disperindag

JAMBIDAILY TANJABTIM - CV Paku Bumi yang menjadi rekanan Dinas Perindag Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), dalam pembangunan proyek gedung Industri Kecil Menengah (IKM) dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun Anggaran 2018 dengan pagu dana sebesar 1,7 milyar, Diduga melarikan upah tukang hingga mencapai ratusan juta rupiah.

Proyek gedung IKM yang dibangun di Desa Lambur 1, Kecamatan Muara Sabak Timur tersebut sempat dirusak pekerja yang merasa dirugikan oleh pihak rekanan. Kabid Industri Dinas Perindag, Rispa saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut.

"Iya sebenarnya masalah itu hubungannya antara tukang sebagai pekerja dengan pihak rekanan. Kalau dinas kan, pekerjaaan sudah sesuai dengan kontrak dan progresnya seratus persen ya kami bayarkan dengan rekanan,"kata Rispa kepada jambidaily.com (28/12/2018).

Menurut Rispa, Dinas Perindag sebelumnya sudah mencoba memfasilatasi untuk mediasi antara pekerja dengan pihak rekanan namun, dalam mediasi tidak ada titik temu.

"Kami kemarin juga sudah coba melakukan mediasi antara tukang dan pihak rekanan, cuma kayaknya tidak ada titik temu. Rekanan menjanjikan akan membayar utang material dan upah tukang yang tidak dibayarkan itu rabu kemarin, tapi nyatanya rekanan tidak menepati janji," bebernya.

Sehingga lanjutnya timbulah pengerusakan, pekerja yang merasa keberatan sempat membongkar bahan-bahan yang sudah terpasang di proyek banguan.

"Yang dirusak itu atapnya, kata tukang dia mau mengambil barang-barang yang sudah terpasang namun tidak di bayar oleh rekanan. Tapi setelah dibongkar dipasang lagi, mereka tidak tahu kalau bangunan itu sudah serah terima dengan Pemda," jelasnya.

 

Penulis : Hendri Rosta//Editor : Hendry Noesae

KOMENTAR DISQUS :

Top