Sabtu, 24 Agustus 2019 |
Wisata & Budaya

Danau Sipin Menuju Primadona Event Olahraga Air, Moncar: Juni 2019 Kejurnas Dayung PPLP

Kamis, 25 April 2019 10:05:48 wib
Ir Moncar Widaryanto, Kepala Dinas (Kadis) Pemuda dan Olahraga Kota Jambi/Foto: Ist

JAMBIDAILY WISATA - Potensi besar yang tersimpan di Danau Sipin, perlahan-lahan mulai menampakkan bukti dari gagasan Inovatif Walikota Jambi DR H Syarif Fasha ME karena telah mulai membangun wisata alam serta menjadi wisata air dengan konsep kearifan lokal berkolaborasi dengan moderen, dengan target dapat menjadi ikon wisata unggulan baru yang menarik di Kota Jambi.

Tidak hanya wisata, Menariknya kedepan dijadikan sebagai primadona untuk perhelatan olahraga air baik kejuaraan lokal maupun nasional dapat diselenggarakan di Danau Sipin bahkan taraf internasional. Apakah hanya olahraga air,? Panjat Tebing, Sepatu roda dan Skateboard juga dipersiapkan Pemerintah kota Jambi. 

Ir Moncar Widaryanto, Kepala Dinas (Kadis) Pemuda dan Olahraga Kota Jambi, merasa bangga atas kehadiran danau sipin sebagai Destinasi wisata karena dapat memberikan dampak positif bagi Kawula muda di Jambi

"Saya bangga jadi warga kota Jambi karena danau Sipin sudah menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Jambi, tempat berkumpulnya pemuda Jambi untuk berkreatif," Ungkap Moncar Widaryanto.

Harapan selaku Kadis yang berurusan dengan pemuda dan olahraga, Moncar ingin fasilitas olahraga yang tersedia kedepannya dapat menjadi pusat pelatihan.

"Harapan saya terkait danau Sipin selain sebagai tempat tujuan wisata Kota Jambi, juga dapat digunakan sebagai fasilitas olahraga, yang sudah ada sekarang sebagai tempat latihan olahraga dayung, jogging track, sepatu roda dan jetski.
 
Kedepan juga direncana akan dibuat fasilitas panjat tebing dan area sepatu roda," Tutur Mocar.

"Dan Insyaallah dibulan Juni 2019 ini, kita akan melaksanakan kejurnas (Kejuaraan nasional-red) dayung PPLP (Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pelajar-red) di danau Sipin," Pungkasnya menambahkan.

Penataan di bantaran Danau yang termasuk kategori Laguna karena permukaan airnya dipengaruhi Sungai Batanghari melalui Anak Sungai Legok sebagai penghubung tersebut dirancang sejak 2016, lalu Pada tahun 2017 mulai dibangun berupa fasilitas jogging track 480 meter berasal dari APBD Kota Jambi sebesar Rp. 3,5 miliar. 2018 dilanjut pembangunan jogging track dengan panjang lebih kurang 600 meter yang menghabiskan anggaran Rp 5 M dari APBD. Total sudah ada lebih kurang 1,2 kilo meter jogging track yang dibangun. Ada taman serta MCK, Ada juga jembatan penghubung antar beronjong dan kios UMKM untuk cinderamata dan kuliner, sarana penunjang wisata air, serta normalisasi kawasan danau. 

"Danau Sipin adalah mimpi besar dan obsesi saya sebagai pemimpin di Kota Jambi. Dahulu kawasan ini tidak pernah dilirik sebagai sebuah potensi wisata. Nyatanya, Danau Sipin adalah surga tersembunyi yang ada di Kota Jambi. Tidak banyak ada danau yang berlokasi di tengah kota di Indonesia, dan kita punya itu. Ada potensi luar biasa bagi Kota Jambi, baik dalam aspek ekonomi dan ekologi tata ruang. Secara ekonomi tentunya akan meningkatkan kesejahteraan warga sekitar Danau Sipin dan Kota Jambi secara luas. Wisatawan akan berkunjung ke Kota Jambi untuk menikmati keindahan danau alami di tengah kota ini. Secara ekologi danau ini punya manfaat luar biasa sebagai reservoir (penampung air) kota, pengendali banjir, dan cadangan air kota, serta keberlangsungan ekosistem di kawasan perkotaan," Tulis Fasha di Akun Instagram @fashajambiterkini.

"InsyaAllah ini akan menjadi masa depan Kota Jambi. 5-10 tahun mendatang masyarakat akan menikmati hasilnya. Ekonomi bergerak, masyarakat sejahtera, UKM bergeliat, Kota Jambi akan menjadi tujuan wisata menarik, sama layaknya konsep negara maju, seperti Singapura dan lainnya. Akan kita bangun konsep waterfront city di Kota Jambi. Selain jogging track, ada taman tematik skateboard, climbing, dan wisata waterspot jetski, dayung. Kita juga akan laksanakan berbagai event wisata air, seperti lomba dayung, perahu hias dan festival danau lainnya. Tidak lupa pula konsep wisata kuliner dan oleh-olehnya," Tambah Fasha.

 


(Hendry Noesae)

 

 

 

 

 

Berita Terkait:

KOMENTAR DISQUS :

Top