Jumat, 23 Agustus 2019 |
Peristiwa

Danrem 042/Gapu Pimpin Jum’at Bersih di Pasar Angso Duo

Jumat, 24 Mei 2019 11:25:11 wib

JAMBIDAILY PERISTIWA - Korem 042/Gapu menerjunkan kekuatan personelnya sebanyak 180 prajurit untuk melaksanakan Karya Bakti TNI berupa Gotong Royong membantu masyarakat membersihkan sampah disekitar Pasar Modern Angso Duo Jl. Sultan Thaha, Beringin, Pasar Jambi, Kota Jambi, Jambi, dengan harapan pasar tersebut bersih dari sampah sehingga tampak bersih dan sehat, Jum'at (24/5/2019).

Pantauan dilapangan, prajurit korem 042/Gapu dengan khas pakaian loreng yang digunakan selain membersihkan sampah yang menumpuk, sebagian prajurit juga dikerahkan untuk membersihkan selokan yang penuh berisi sampah pelastik serta air yang tergenang dan menimbulkan bau tidak sedap dengan tujuan lingkungan pasar tradisional tidak terkesan kumuh. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Danrem 042/Gapu, Kolonel Arh Elphis Rudy.

Pasar Angso Duo ini semula masih pasar Tradisional namun dengan seiringnya waktu pasar tersebut sudah tertata dengan rapih menjadikan pasar modern. Kondisi lost pasar yang ada sekarang ini memang sudah layak dipakai namun sepertinya kebersihannya sangat kurang karena sampah dan selokan air penuh dengan sampah pelastik, walaupun saat ini sudah dilengkapi dengan tempat pembuangan sampah, WC umum dan musholla.

Danrem 042/Gapu, Kolonel Arh Elphis Rudy mengatakan, kegiatan gotong royong ini adalah kegiatan rutin yang akan diselenggarakan setiap hari Jumat, dan diharapkan dengan dilaksanakan Gotong Royong ini, pasar modern yang belum lama dibangun tersebut akan memberikan kenyamanan bagi masyarakat saat berbelanja karena kebersihan dan ketertiban sudah bisa dijaga.

“Karya Bakti melalui Jum’at bersih ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, khususnya pasar yang sehari-harinya dikunjungi banyak orang dapat tercipta lingkungan pasar yang bersih dan sehat agar orang tidak merasa risih saat berbelanja. Dan juga sebagai upaya pembinaan teritorial guna meningkatkan Kemanunggalan TNI dengan rakyat yang dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat, sehingga Gotong Royong ini dapat dipahami oleh masyarakat luas dan diharapkan dapat membangkitkan serta menumbuhkan kecintaan rakyat terhadap TNI," ujar Elphis.

"Sebagai prajurit kewilayahan Korem Garuda Putih merasa turut berperan aktif dan bertanggungjawab atas kebersihan lingkungan termasuk kebersihan Pasar Angso Duo. Sehingga, wujud nyata kami adalah membantu menciptakan kebersihkan di lingkungan sekitarnya. Kegiatan ini tidak berhenti sampai disini saja, melainkan akan terus berlanjut kedepannya. "Ini akan kita jadikan kegiatan setiap Jum'at. Tidak hanya di pasar saja, nanti akan ada di tempat-tempat lain juga," katanya menambahkan.

Disamping itu, Danrem mengingatkan bahwa aksi bersih-bersih ini juga merupakan bentuk kepedulian TNI (Korem 042/Gapu) dan jajarannya dalam memotivasi masyarakat untuk ikut peduli dengan lingkungan sehingga warga sadar dan tidak membuang sampah di sembarangan tempat, apalagi di parit serta lingkungan Pasar.

Pada kegiatan Gotong Royong ini, selain anggota Korem 042/Gapu juga dibantu oleh Anggota Polri dan dinas kebersihan pasar Angso Duo. 

“Sekitar 1,5 jam selesai semuanya, Ini berkat kerjasama antara TNI, Polda bersama Polresta dan Pemerintah serta dinas kebersihan pasar Angso Duo dengan menggunakan mobil dinas pengangkut sampah dan Eskavator,” pungkasnya. (penrem042gapu)

KOMENTAR DISQUS :

Top