Senin, 16 September 2019 |
Pendidikan & Teknologi

Dansatgas TMMD 105/BTH: Keceriaan Anak-anak Ladang Peris, Spirit dan Pengharapan Bersama

Minggu, 14 Juli 2019 11:09:25 wib
Dansatgas TMMD 105/BTH, Letkol Inf Widi Rahman bersama keceriaan anak-anak ladang peris (ft:Tim Media TMMD 105)

JAMBIDAILY PENDIDIKAN-Keceriaan anak-anak Desa Ladang Peris Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari menyambut kedatangan tim Satgas TMMD 105 Tahun 2019 Kodim 0415/Batanghari, menjadi spirit dan semangat yang diiringi pengharapan agar mereka kelak menjadi generasi unggul untuk bangsa.

"Anak-anak itu sosok yang polos, apa adanya. Mereka terlahir sama tapi masing-masing nasibnya berbeda, ada yang terlahir dari golongan ekonomi mampu ada dari golongan ekonomi kurang mampu,"papar Dansatgas TMMD 105/BTH, Letkol Inf Widi Rahman, melalui WA massengernya, Minggu (14/07/2019).

Tak heran dalam kunjungannya, sering secara spontan memeluk hangat anak-anak Desa yang didiami 826 Kepala Keluarga dengan mayoritas mata pencaharian adalah perkebunan dan pertanian itu.

"Masa depan mereka tergantung bagaimana keluarga atau lingkungan. Mari kita buat mereka ceria dan ajari mereka pemberani karena mereka adalah spirit dan pengharapan bersama sebagai generasi penerus masa depan Bangsa,"ungkap ayah dua anak ini.

Dia berharap, kehadiran dan keceriaan anak-anak yang saat ini menjadi tuan rumah TMMD 105/BTH menjadi spirit dan pengobat rindu para anggota Satgas yang sedang melaksanakan bakti TNI Manunggal Membangun Desa.

"Karena kita pahami demi tugas ada diantara 150 personel yang terdiri dari anggota Kodim, Yonif R 142/KJ, Yon Zikon, anggota Polres serta unsur Pemkab,  terpaksa berpisah sementara dengan anak-anak mereka. Namun melalui bakti TMMD ini,  TNI yang lahir dari dan untuk rakyat dapat manunggal bersama rakyat membangun sarana Fisik dan membangun jiwa dan raga masyarakat sehingga tumbuh kesadaran masyarakat terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara, terciptanya masyarakat yang sejahtera, maju, modern, dan memiliki ketahanan nasional,”harap perwira melati dua infantri ini.

Sekedar informasi, Secara administrasi Desa Ladang Peris termasuk dalam wilayah kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari, terletak dibagian utara provinsi Jambi dan berada di wilayah perlintasan jalan.

Desa Ladang Peris memiliki luas 6400 Hektar berada pada posisi 1,68344 S Lintang Selatan 103.09969 E Bujur Timur dengan perbatasan wilayah: Sebelah utara dengan Desa Panerokan dan Bajubang, Sebelah Selatan dengan Desa Mulya Jaya, Sumber Mulya dan Markanding, Sebelah Barat dengan Desa Pompa Air dan Sungkai, Sebelah Timur dengan Desa Panerokan dan Tanjung Pauh KM.39.

Adapun Orbisitas atau Jarak Desa Ladang Peris dengan antar Ibukota: Kecamatan 1,5 KM, Kabupaten 17 KM dan Provinsi 50 KM.

Secara Topografi Desa Ladang Peris Desa Ladang Peris dilihat secara umum mayoritas area datar dan sedikit perbukitan yang dialiri sungai-sungai kecil. Mayoritas area dataran rendah dan sedikit perbukitan yang dialiri sungai-sungai kecil. didominasi perkebunan karet disamping kebun sawit sebagai komoditas kedua dengan iklim tropis sehingga mempengaruhi pola perekonomian penduduk.

Desa Ladang Peris, Terdiri dari 14 RT Terbagi dalam 4 Dusun yaitu Dusun Peris Baru, Dusun Simpang Peris, Dusun Simpang Jambi dan Dusun Gotong Royong.

"Tentara bukan merupakan suatu golongan di luar masyarakat, bukan suatu kasta yang berdiri di atas masyarakat, tentara tidak lain dan tidak lebih dari salah satu bagian masyarakat yang mempunyai kewajiban tertentu" (Jenderal Sudirman, Jogjakarta, 1 Januari 1946)"


Penulis: Hery FR/berbagai sumber

 

KOMENTAR DISQUS :

Top