Kamis, 21 Juni 2018 |
Pendidikan & Teknologi

Delapan Kemampuan Manusia yang Hilang Akibat Teknologi

Rabu, 13 Januari 2016 06:02:56 wib
Kurang terlatih menghitung / tcbmag.com

JAMBIDAILY TEKNOLOGI-Sekarang ini adalah era teknologi. Jika tidak mengikuti teknologi, dianggap sebagai orang gaptek. Teknologi memang membantu manusia menyelesaikan kegiatannya, tapi tidak semua hal menjadi baik karena teknologi.

Manusia memiliki kemampuan yang banyak, dan karena penggunaan teknologi kemampuan tersebut berkurang. Seperti kemampuan akan beberapa hal berikut.

Dimulai dari kemampuan mengingat. Mengingat itu memang penting, misalnya mengingat nomor telepon. Sebelum ada ponsel, orang-orang akan mengingat beberapa nomor telepon yang penting, misalnya nomor telepon rumah, teman, atau tempat-tempat penting.


Inilah kemampuan manusia yang berkurang akibat teknologi :

1. Pengetahuan Navigasi yang kurang
    
Zaman dulu, orang mencari tempat jika tidak tahu arah dengan menggunakan peta dan kompas. Jika masih tidak menemukan, solusinya adalah bertanya pada orang lain. Tapi, dengan adanya teknologi GPS, orang lebih mengandalkan GPS daripada insting untuk mencari jalan dan peka terhadap situasi.

2. Kurang Konsentrasi saat Berjalan

Menggunakan teknologi berupa gadget memang simpel, dan karena simpelnya ini membuat orang memakainya dimana saja, termasuk ketika berjalan. Tak jarang orang-orang terjatuh dan menabrak sesuatu ketika sedang berjalan karena fokus pada gadget.

3. Mengingat

Mengingat itu memang penting, misalnya mengingat nomor telepon. Sebelum adanya handphone, orang-orang akan mengingat nomor telepon yang penting, misalnya nomor telepon rumah, teman, atau tempat-tempat penting. Tapi kini saat ada handphone, tinggal masukkan nomor telepon dan cari saja ketika butuh, lebih mudah dan cepat tapi tidak membuatmu berusaha mengingat.

4. Kemampuan Fotografi makin Menurun
    
Fotografi menjadi hal yang sulit dulu karena harus dipelajari dengan baik untuk dapat memfoto objek dengan baik dan sesuai. Tapi kini, dengan adanya aplikasi di smartphone, mengambil gambar dengan angle manapun tanpa harus konsentrasi penuh pun bisa mendapatkan gambar yang bagus.

5. Kecerdasan Menurun
   
Dengan adanya teknologi, orang dapat dengan mudah mencari informasi. Tapi, informasi yang didapat di dalam internet tidak selalu benar. Dan lagi, kamu akan malas jika harus mencari informasi dari buku atau tempat lain selain internet.

6. Kurang Peka dengan sekitar
    
Dengan adanya gadget yang kamu miliki, pastinya kamu akan sibuk dengan gadget tersebut. Di manapun, entah itu sedang duduk biasa, menunggu sesuatu, bahkan sedang makan dengan teman, kamu akan sibuk dengan gadget. Hal ini akan menyebabkanmu kurang peka terhadap sekitarmu.

7. Menulis dengan Tangan
    
Karena sering menggunakan komputer atau handphone, orang yang kecanduan teknologi akan kesusahan menulis dengan tangan. Bisa pun tulisannya tidak akan bagus.

8. Kurang Terlatih Menghitung
    
Dengan berkembangnya teknologi, makin berkembang juga alat bantu hitung yang bisa dengan mudah di download di internet oleh gadget. Dengan begitu, orang pasti lebih mengandalkan kemampuan hitung dari alat tersebut daripada menghitung manual.

Itulah kemampuan manusia yang berkurang akibat dari penggunaan teknologi. Jadi, meskipun teknologi semakin maju, tetaplah latih dirimu dengan hal-hal yang mengasah otak, jangan hanya mengandalkan gadget.(*)


Sumber:Vlog/Berita&Info.com

KOMENTAR DISQUS :

Top