Sabtu, 17 November 2018 |
Kesehatan & Olahraga

Dengar Pelayanan RSUD Bangko, H Al Haris Kumpulkan dokter

Senin, 01 Juni 2015 03:17:35 wib
Bupati Al Haris Pertanyakan pelayanan para dokter ke pasien RSUD Bangko

JAMBIDAILY KESEHATAN-Mendengar kabar kurang optimalnya pelayanan RSUD Kol Abunjani Bangko, Akhirnya Bupati Merangin H Al Haris, mengumpulkan para dokter.

Begitu sampai di RSUD Bangko, bupati langsung mengintruksikan Direktur RSD Kol Abundjani Bangko Dr Birman Saragih, untuk mengumpulkan seluruh dokter di ruang rapat, guna melakukan koordinasi.

‘’Sengaja saya kumpulkan seluruh dokter pada  hari  itu, Jumat (29/05) guna mengetahui secara pasti, bagaimana sebenarnya pelayanan yang telah diberikan kepada para pasien di rumah sakit tersebut,’’ujar Bupati melalui humas Pemkab Merangin.

Dari koordinasi yang telah dilakukan jelas bupati, ternyata para dokter di RSD telah memberikan pelayanan prima kepada seluruh pasien, tanpa dibeda-bedakan. Hanya saja mungkin pasiennya yang masih belum puas terhadap pelayanan yang diberikan.

Ditambahkan Dr Jhoni, seminggu lalu ada pasien Suku Anak Dalam (SAD) yang menderita Tumor. Keluarga SAD mengancam pasien tersebut harus bisa sembuh terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan.

"Takut juga sih diancam gitu, tahu sendiri SAD kecepeknya panjang. Alhamdulillah setelah kita operasi tumor pasien SAD  itu bisa kita sembuhkan. Ini artinya kami tidak membeda-bedakan pasien,’’ujar Dr Jhoni.

Menariknya yang diungkapkan Dr Khusairi, ada keluarga pasien mencak-mencak mendatangi rumahnya. Keluarga pasien yang mengaku anggota DPRD dan calon ketua DPRD namun belum dilantik itu, minta keluarnya dilayani cepat melahirkan.

Begitu ditanya apakah akan lahir normal atau sesar, oknum yang disarankan lebih baik membuka jasa pelayanan bantuan keluarga pasien itu, memilih normal. ’’Pemeriksaan telah kita lakukan, namun untuk lahir normal itu kan butuh proses, tidak langsung cepat,’’ujar Dr Khusairi disambut tawa bupati dan dokter yang hadir.

Dari rapat koordinasi itu diketahui jumlah dokter umum dan dokter spesialis di RSD Kol Abunjadi Bangko sebanyak 11 orang, enam orang diantaranya dokter spesialis. Idealnya terang bupati, RSD Kol Abunjadi Bangko memiliki 18 orang dokter.

‘’Saya inginnya begitu pasien masuk ke ruangan rawat, langsung ditangani dokter, bukan ditangani Perawat sebagaimana yang dikeluhkan akhir-akhir ini. Apalagi dokternya kemudian lama munculnya,’’tegas Bupati.

Guna mewujudkan keinginan itu, dalam waktu dekat bupati akan menambah jumlah dokter di RSD. Sekarang itu jelas bupati, ada sembilan dokter spesialis yang dikuliahkan Pemkab Merangin, mereka baru akan selesa pada 2016 mendatang.

Kalau menunggu 2016 terlalu lama, bupati akan menyeleksi para dokter yang bertugas di sejumlah Puskesmas di Merangin. Setelah dianggap cakap dan baik dalam melayani pasien, dokter Puskesmas itu akan ditarik ke RSUD.

Selain itu bupati juga akan melakukan kerjasama dengan Unan Padang dan Usu Medan, guna mendapatkan para lulusan terbaiknya untuk ditarik bekerja di Kabupaten Merangin.

Untuk meningkatkan pelayanan RSD Kol Abundjani Bangko itu, bupati juga akan melengkapi berbagai fasilitas pendukung. Berbagai peralatan medis yang rusak akan diganti dan yang belum ada akan dibeli.(jambidaily.com/HMS/TEG)

Editor: Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top