Kamis, 18 Juli 2019 |
Ekonomi

Desa Mendalo Laut Dituding 'Pilih Kasih' Beri Bantuan Bedah Rumah, Khomaini: Tidak Benar

Jumat, 21 Juni 2019 12:02:28 wib
Tangkapan Layar/"Yang berhak mendapat beda rumah Tapi belum kesampaian" Foto: Facebook.com @Iwan

JAMBIDAILY EKONOMI - Warga Desa Mendalo Laut, Kecamatan Jambi Luar Kota (Jaluko) Kabupaten Muaro Jambi, Menuding sang kepala desa (Kades) 'pilih kasih' dalam memberi bantuan bedah rumah.

Salah satu sumber jambidaily.com (Jum'at, 21/06/2019) menyampaikan bahwa Plt Kepala Desa bernama Erman, dianggap tidak tepat sasaran dalam menyalurkan program bedah rumah sementara disisi lain ada yang sangat membutuhkan tidak menerima.

"Saat ini Lagi kisruh di medsos (facebook-red) orang Mendalo, Dari penerima bantuan bedah rumah sebanyak 20 orang namun 1 orang menurut orang-orang tuo dan warga tidak layak karena dia memiliki rumah juga di daerah Mendalo darat. Dan Dia pun kerja jadi KAUR (kepala urusan atau kepala seksi-red) Desa Mendalo laut bahkan punya mobil juga," Keluh Sumber.

Beragam komentar warganet di postingan Facebook akun @Iwan (Selasa 18/06/2019, Sekira Pukul: 10.45 wib) menyesalkan atas informasi tersebut karena dapat merusak tujuan dan sasaran utama dari program bedah rumah.

"Dalam aturan penerima bantuan dibatasi setiap desa mendapatkan jatah 20 rumah, yang berjalan sekarang ini lebih kurang 12 rumah. Salah satu penerima bantuan itu nama Z (diinisialkan oleh redaksi) Bedah rumah di rumah Dia sekarang ini lagi proses pengatapan. Masalahnya dia punya rumah beton dan mobil pribadi," Tegas sumber, yang meminta namanya dirahasiakan.

Terkait tudingan warga itu, Erman selaku Plt Kepala Desa menjelaskan bahwa dia hanya meneruskan perjalanan program karena baru masuk sebagai Plt Kepala Desa pada Maret 2019.

"Begini, saya masuk PJ itu 20 Maret 2019, bedah rumah itu sudah dimulai Januari dan Februari, jadi yang menjalankan awalnya Kades Definitif. Nah karena adanya kekosongan pejabatnya maka dijalankan oleh Sekretaris Desa, Pak Kumai. Sebab di waktu saya masuk itu sudah berjalan," Jelas Erman kepada jambidaily.com, melalui telepon selulernya.

Sementara itu Sekretaris Desa (Sekdes-red) HR Khomaini, menjawab konfirmasi jambidaily.com, membantah jika salah sasaran karena tudingan yang berkembang tidak benar adanya.

"Terkait tudingan itu tidak benar, mobil itu punya orang tuanya bukan punya yang bersangkutan dan rumah itu juga harta orang tuanya. Itu ada 20 rumah, yang berjalan baru 6, mulainya bulan Puasa yang lalu. Itu adalah Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya dari PU Perkim," Terang HR Khomaini.

 

 


(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top