Sabtu, 17 November 2018 |
Ekonomi

Desa Sinar Kalimantan Belum Tersentuh Aliran Listrik PLN

Minggu, 14 Oktober 2018 15:32:32 wib

JAMBIDAILY TANJABTIM - Masyarakat di Desa Sinar Kalimantan, Kecamatan Mendahara, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), saat ini begitu sangat mendambakan aliran listrik PLN. Selama ini untuk memenuhi kebutuhan listrik, masyarakat setempat memanfaatkan mesin diesel dan listrik tenaga surya.

Sejumlah warga di Desa Sinar Kalimantan menuturkan, sebagian besar masyarakat menggunakan mesin genset untuk menghasilkan listrik. Setiap mesin bisa untuk memenuhi tiga rumah, meski arus yang dihasilkan tidak sebesar listrik PLN, namun tetap dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan.

"Selain membutuhkan biaya besar untuk membeli BBM solar, arus listrik yang dihasilkan dari mesin diesel belum dapat memenuhi kebutuhan listrik warga selama 24 jam, melainkan hanya 5-6 jam saja perharinya," kata warga setempat, Syarifuddin. 

Sementara warga lainnya, Hamamun mengatakan, yang memanfaatkan tenaga surya hanya sebagian kecil, itupun bagi mereka mereka yang memiliki finansial lebih. Untuk bisa membeli peralatan tenaga listrik dan tenaga surya dibutuhkan biaya 5 juta rupiah lebih. 

"Kami berharap aliran listrik PLN segera dapat masuk ke desa kami," tukasnya.

Penulis : Hendri Rosta
Editor. : Hendry Noesae

KOMENTAR DISQUS :

Top