Jumat, 28 Februari 2020 |
Suaro Wargo

Deuis Nur Apriyanti: Pentingnya Hubungan Keluarga dan Sekolah

Minggu, 24 Juni 2018 21:42:07 wib

JAMBIDAILY SUARO WARGO - Keluarga adalah tempat pertama mendapatkan pengetahuan bagi seorang anak. Dalam keluarga, anak akan menemukan tempat untuk mereka mengerti arti kehidupan yang sebenarnya. Karena sejatinya keluarga adalah guru pertama dan terakhir bagi seorang anak. Untuk itu, keluarga tak hanya memiliki peranan penting dalam mendidik anak. Namun, keluarga harus bisa menguatkan perannya dengan mencontohkan perilaku yang baik terhadap anak. 

Untuk mendapatkan pendidikan dan pengetahuan lebih, anak harus mengenyam pendidikan yang terorganisir secara sistematis yaitu sekolah. Sekolah merupakan wadah yang menempatkan anak dalam kelompok-kelompok tertentu berdasarkan tingkat kemampuan dan kesesuaian umur. Sekolah membantu kelanjutan pendidikan anak dalam keluarga.

Oleh sebab itu diperlukan kepercayaan orang tua terhadap sekolah yang menggantikan tugasnya selama di ruangan sekolah. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, mengingat akhir-akhir ini seringnya terjadi tindakan-tindakan kurang terpuji yang dilakukan anak didik, semetara orang tua seolah-olah tidak mau tahu, bahkan cenderung menimpangkan kesalahan kepada sekolah.

Kedua pola komunikasi yang berbeda tersebut merupakan dua dunia yang berbeda bagi anak. Keluarga adalah dunia referensi bagi anak untuk membangun nilai hidup dan cita-cita, sedangkan dunia sebaya yang ditemui anak dalam sekolah adalah wilayah pengembangan diri secara sosial bersama-sama dengan teman-teman sebaya. Oleh karenanya diperlukan kerja sama yang baik antara keluarga dan sekolah agar siswa tetap dapat mengembangkan kemampuan yang dimilikinya serta meraih cita-citanya. 

Hubungan keluarga dengan sekolah adalah salah satu elemen penting dalam kesuksesan belajar anak. Sekolah yang terbaik adalah sekolah yang mampu menjembatani peran orang tua pada kegiatan belajar anak atau menciptakan hubungan keluarga dengan sekolah. Jadi, sesibuk apapun anda di kantor, tetaplah menjaga hubungan keluarga dengan sekolah yang baik.

Hubungan antara keluarga dan sekolah terjadi pada kerja sama orang tua dengan pihak guru. Kerja sama tersebut dibutuhkan untuk memantau kemajuan anak dalam proses pendidikan, baik kemajuan dalam ranah intelektual maupun psikologis.

Orang tua harus memperhatikan sekolah anaknya yaitu dengan memperhatikan pengalaman-pengalamannya dan menghargai segala usahanya. Orang tua harus menunjukkan kerjasamanya dalam mengarahkan cara anak belajar di rumah, mengarahkan anaknya untuk menyelesaikan pekerjaan rumahnya, tidak menyita waktu anak dengan mengerjakan pekerjaan rumah tangga, orang tua memotivasi dan membimbing anak dalam belajar. 

Untuk menjalin kerjasama antara keluarga dengan sekolah, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu:
1. Melakukan kunjungan ke rumah anak didik
2. Mengundang orang tua ke sekolah
3. Mengadakan rapat 
4. Membentuk organisasi badan pembantu sekolah (komite sekolah)
5. Mengadakan surat menyurat antara sekolah dengan keluarga
6. Adanya daftar nilai atau raport anak didik yang disampaikan kepada orang tua

Demikian beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjalin kerjasama antara sekolah dengan keluarga. Semua bentuk kerjasama tersebut sangat besar manfaatnya dalam memajukan pendidikan sekolah dan anak didik.

 

 


...
Ditulis Oleh
Nama: Deuis Nur Apriyanti
Jurusan: Tadris Matematika
Fakultas: Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi


 

 

 


*isi/sumber/referensi dari Artikel sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis

KOMENTAR DISQUS :

Top