Kamis, 12 Desember 2019 |
Peristiwa

Dewan Hakim MTQ KE-49 Provinsi Jambi Dilantik

Sabtu, 16 November 2019 18:08:59 wib

JAMBIDAILY BUNGO  – Asisten Sekda Provinsi Jambi Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Asisten I), Drs.H.Apani Saharudin mewakili Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum melantik Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-49 Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2019, di ruang rapat gedung DPRD Kabupaten Bungo, Jum’at (15/11) malam.
 
Malam Ta’aruf dan Pelantikan Dewan Hakim diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Muhammad Yosef Tatang Sahbana.
 
Wakil Bupati Bungo H Safrudin Dwi Apriyanto,S.Pd, Ketua TP PKK Kabupaten Bungo, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Bungo, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, Drs.H. Muhammad,M.Pd.I, unsur pimpinan DPRD Kabupaten Bungo, Dandim 0416/Bute Letkol Inf.Widi Rahman,SH, Kajari Bungo, Bimo,S,SH,MH, Kasat Bimmas Polres Bungo AKP Darmawan, para peserta lomba, dan undangan lainnya, hadir dalam acara tersebut.
 
Dalam pelantikan dewan hakim, dibacakan SK dan tupoksinya dilanjutkan dengan pelantikan Dewan Hakim dimulai dengan kata pendahuluan, pengucapan sumpah pelantikan, penanda tanganan Berita Acara Pelantikan, Pemasangan Toga secara simbolis kepada Ketua Dewan Hakim dan Sekretaris Dewan Hakim. Dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Dewan Hakim sekaligus tupoksi dari semua tugas Dewan Hakim secara terperinci di bidang masing-masing perlombaan yang terdiri dari sepuluh cabang perlombaan.
 
Pada kesempatan tersebut juga dilakukan  Penyerahan Piala Bergilir Juara Umum MTQ Ke-48 Tingkat Provinsi Jambi dari Bupati Tanjab Timur kepada Gubernur Jambi yang diwakili Asisten I, selanjutnya Gubernur Jambi menyerahkan piala bergilir kepada Ketua Dewan Hakim.
 
Dalam sambutan tertulisnya, gubernur menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk menumbuhkan kembali semangat keislaman dan semangat persatuan dan kebersamaan dalam rangka mewujudkan cita-cita pembangunan menuju Jambi TUNTAS, yaitu Jambi yang Unggul, Nyaman, Tangguh, Adil, dan Sejahtera.
 
"Pada kesempatan ini saya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Bungo yang pada malam ini memperlihatkan puncak kesiapan sebagai tuan rumah perhelatan akbar ini, selanjutnya terima kasih dan penghargaan kepada seluruh peserta MTQ dari 11 kabupaten/kota se Provinsi Jambi yang pada malam  ini telah hadir bersama dan telah mempersiapkan diri dan berlatih secara maksimal karena dorongan ingin meraih prestasi dan mengharumkan nama daerahnya" ujar gubernur.
 
Gubernur mengingatkan semua peserta  bahwa keinginan untuk menjadi juara jangan sampai menghancurkan niat dan tujuan utama untuk mendorong pemahaman penghayatan dan kecintaan umat Islam terhadap Al-Qur’an.  
 
"Saya mengucapkan selamat atas kepercayaan dan kehormatan yang telah diberikan kepada dewan hakim dalam MTQ ini, sebagaimana kata-kata yang tertuang dalam ikrar janji dewan hakim, tugas dewan hakim sungguh  sebuah tugas yang dituntut tanggung jawab, keputusan dewan hakim tidak dapat diganggu gugat dan karena itulah dewan hakim harus cermat, harus teliti, harus benar dan objektif dalam menentukan penilaian. Dewan Hakim harus independen dan bebas dari segala macam pengaruh kepentingan dan godaan untuk berpihak dan tidak berlaku jujur," katanya.
 
Asisten I, Apani Saharudin menambahkan, Dewan Hakim yang telah dilantik diharapkan dapat menjunjung tinggi objektivitas. "Saya berharap Dewan Hakim dan panitera senantiasa menjunjung tinggi objektivitas yang dilandasi atas ketulusan hati sehingga mampu menghindari pola pikir yang bersifat subyektif dalam memberikan penilaian, memegang teguh asas keadilan, dan mampu menyelami rasa keadilan masyarakat dengan menghindari pertimbangan relasi pribadi. Dewan hakim dan panitera merupakan tumpuan dan harapan penegakan keadilan dan kejujuran serta bersikap dan bertindak profesional dalam berpegang teguh pada aturan dan ketentuan  yang berlaku dalam melaksanakan tugas dan amanah, sesuai dengan keahlian dan kompetensi masing-masing secara maksimal dan sebaik-baiknya," jelasApani.
 
Bupati Bungo, H.Mashuri,SP,ME menyampaikan ucapan selamat datang kepada semua yang hadir. “Kegiatan malam ini adalah malam ta’aruf yang bertujuan untuk saling mengenal dan juga pelantikan Dewan Hakim yang akan menjadi tim penilai selama kegiatan MTQ ke-49. MTQ ke-49 ini diikuti 1.000 orang dari 11 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jambi, dan 100 orang Dewan Hakim yang akan dilantik malam ini sesuai ikrar dan janji untuk pelaksanaan MTQ ke-49,” kata Mashuri.
 
Mashuri menambahkan, Malam Taaruf dan Pelantikan Dewan Hakim merupakan salah satu rangkaian acara yang sangat penting dalam pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran karena  merupakan sarana perkenalan para peserta MTQ yang sarat dengan makna kebersamaan dan keakraban. 
 
"Kegiatan ini selain sebagai bentuk penghormatan kepada para kafilah juga sebagai media untuk memperkuat silaturahmi dan ukhuwah Islamiyah di antara kita, dewan hakim dan majelis hakim yang dilantik akan bertugas dalam memimpin dan memberikan penilaian serta menetapkan pemenang-pemenang pada berbagai cabang perlombaan MTQ. Jumlah dewan hakim pada penyelenggaraan MTQ ke-49  Provinsi Jambi sebanyak 100 orang, dan kepada dewan hakim dan majelis hakim diharapkan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik," ungkap Mashuri. (Maria/edit: Mustar, foto: Roni, video: Latib/Humas pemprov Jambi).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top