Rabu, 08 April 2020 |
Politik

Dewan Minta KPUD Jaga Independensi dan Netralitas

Jumat, 29 April 2016 11:15:13 wib
Logo DPRD (google.co.id)

JAMBIDAILY MUARATEBO-Sikap kritis Wakil ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tebo terhadap kegiatan komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tebo bersama Bupati Tebo H.Sukandar, sebagai upaya menjaga KPUD Tebo sebagai lembaga Independen dan Netral.

"Kita hanya ingatkan kepada oknum komisioner KPU tersebut, bukan berarti kita tendensius terhadap dia.  Salah satu fungsi DPR adalah pengawasan,"tegas Wakil Ketua II DPRD Tebo, Samsurizal kepada jambidaily.com, Kamis 28 April 2016.

Baca Juga: Dikritik Wakil Ketua DPRD, Komisioner KPUD Pilih "Cuek"

Untuk itu, berkali-kali saya bilang dan sarankan, siapapun komisioner KPUD jangan terlalu nempel terus sama Bupati. Karena KPU adalah lembaga Komisi penyelenggara Pemilihan umum (Pemilu) yang bersifat Independen dan netral.

"Makanya kita mengkritisi, pada Minggu (24/4) lalu, Ada komisioner KPUD (Adhiyenti-red) ke desa Sentanu Kecamatan Tujuh Koto merupakan bentuk peringatan terhadap salah satu komisioner yang melakukan kegiatan bukan pada tempatnya, kritikan bertujuan jangan sampai lembaga independen tersebut ternodai,"terang politisi PDIP ini.

Sedangkan menyangkut perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP), sebelumnya ia pernah lakukan kordinasi dengan disdukcapil Tebo untuk sementara waktu diminta tidak melakukan perekaman menjelang di laksanakannya Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak.  Hal ini dilakukan untuk menjaga suhu politik di tiap desa agar tetap kondusif, kalau Pilkades serentak sudah terlaksana tidak jadi masalah.

"Kita khawatir perekaman KTP dimanfaatkan oleh segelintir orang atau kelompok dalam kepentingan tertentu.  Takutnya nanti terjadi bentrok atau keributan hanya gara-gara perekaman KTP "tegasnya.

Mengenai salah satu komisioner yang enggan komentari kritikan dewan, tidak masalah.  Kita kasihan juga sama dia "kita tau koq" makanya kita cuma sekedar mengingatkan saja dari awal supaya lembaga tersebut terjaga independensinya, pungkas pria yang akrab disapa Iday ini. (jambidaily.com/ARD)

KOMENTAR DISQUS :

Top