Selasa, 11 Desember 2018 |
Ekonomi

Dewan Minta Transparansi Dana CSR di Tanjabbar

Kamis, 21 April 2016 08:06:56 wib
Ilustrasi (google.co.id)

JAMBIDAILY EKONOMI-Ketua DPRD Tanjung Jabung Barat, Faizal Riza.ST.MM menghimbau kepada seluruh perusahaan besar yang beroperasi di Wilayah Tanjung Jabung Barat, memberi akses dan transparansi penggunaan dan pengelolaan dana Corporate Social Responsibility (CSR).

"Saya minta para pengusaha mengelola dana CSR untuk kesejahteraan masyarakat dilakukan secara transparan, baik jumlah dana maupun program-program yang dijalankan,"himbaunya.

Selama ini DPRD tidak pernah menerima laporan dan tidak mengetahui program.  Serta berapa banyak yang sudah direalisasikan dari kegiatan yang dilaksanakan perusahaan untuk masyarakat sekitarnya sebagai tanggung jawab sosial.

Kita meminta supaya perusahaan-perusahaan besar itu harus memberikan kontribusi dana CSR sesuai ketentuan dalam undang-undang Perseroan Terbatas (PT) 2,5 persen dari keuntungaan bersihnya.  Dan untuk pemanfaatan dananya harus dibahas bersama, Pemkab, Perusahan dan DPRD.

"Kalau DPRD tidak mengetahui program dan realisasi CSR, ketika masyarakat yang bertanya, kami tidak bisa menjelaskannya. Bukannya ingin intervensi soal dana CSR, tetapi kalau untuk program dan realisasinya seharusnya diketahui, karena dewan bagian dari rakyat juga,"jelas Politisi Gerindra ini.

Untuk itu, pihaknya dalam waktu dekat akan meminta keterangan dari Bappeda terkait pengelolaan dana CSR sejumlah perusahaan yang beroperasi di Tanjabbar.

"Intinya, program CSR dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkuat jaringan kemitraan antara masyarakat, pemerintah dan dunia usaha,"pungkasnya.(jambidaily.com/RZA)

KOMENTAR DISQUS :

Top