Sabtu, 17 November 2018 |
Politik

Di 2021, Jembatan Lagan Ulu Baru Akan Dibangun

Rabu, 17 Oktober 2018 19:58:35 wib

JAMBIDAILY TANJABTIM - Janji Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) untuk membangun jembatan permanen di Desa Lagan Ulu, Kecamatan Geragai, hingga kini belum terbukti. Dinas Perkim berlasan, pembangunan belum dapat dilakukan, lantaran pada tahun 2019 Kecamatan Geragai belum masuk dalam program prioritas Bupati, yakni 2 kecamatan pertahun.

Kepala Dinas Perkim Tanjabtim, Adil P Aritonang beralasan, meski telah siap melakukan perencanaan, namun pihaknya tidak dapat melaksanakan pembangunan jembatan ditahun 2019. 

"Sebab, di tahun 2019, Kecamatan Geragai tidak termasuk dalam giliran prioritas pembangunan dua kecamatan pertahun," katanya. 

Aritonang menambahkan, pembangunan jembatan Lagan Ulu membutuhkan biaya sebesar Rp 2,7 milyar. Dinas Perkim saat ini belum sanggup melakukan pembangunan, karena membutuhkan biaya yang cukup besar, sementara anggaran yang ada banyak terserap.

Perkim akan mengupayakan melakukan pembangunan pada saat Kecamatan Geragai mendapatkan giliran program dua kecamatan pertahun, yakni tahun 2021 mendatang. 

"Sementara untuk tahun 2019 mendatang, kami akan lebih fokus melakukan pembangunan di Kecamatan Kuala Jambi dan Kecamatan Muarasabak Barat," tukasnya.

Untuk diketahui, jembatan sepanjang puluhan meter yang membelah sungai antar Dua dusun itu telah ada sejak puluhan tahun lalu. Meski rapuh, jembatan satu ini sangat membantu keseharian warga setempat.

Sebagian besar penyanggah dan penguat pondasi jembatan yang terbuat dari kayu sudah tampak lapuk, bahkan papan lantainya juga rapuh. Bila tak segera mendapat perbaikan darurat, jembatan ini bisa saja ambruk sewaktu-waktu.

Sayangnya, harapan masyarakat Desa Lagan Ulu yang dijanjikan pembangunan jembatan secara permanen di tahun 2019 oleh Dinas Perkim Tanjabtim pupus. Karena pembangunan di Kecamatan Geragai akan diprioritaskan pada tahun 2021 mendatang.

Penulis : Hendri Rosta
Editor. : Hendry Noesae

KOMENTAR DISQUS :

Top