Kamis, 24 Mei 2018 |
Pendidikan & Teknologi

Di Usia Berapa Sih Bayi Boleh Minum Air Putih?

Sabtu, 21 April 2018 08:32:56 wib

JAMBIDAILY KELUARGA, Pendidikan - Saat baru lahir makanan dan minuman terbaik untuk bayi adalah ASI. Selanjutnya baru makanan dan minuman lainnya baru boleh dikonsumsi oleh bayi karena pencernaannya sudah siap. Nah, lalu di usia berapa sih si kecil bisa dikenalkan dengan air putih?

Saat mengonsumsi ASI eksklusif, bayi tak perlu diberikan air putih. Bayi di bawah enam bulan mendapatkan cukup cairan hanya dari ASI, walaupun cuaca panas dan ketika bayi berkeringat. Nah, saat sudah menginjak usia enam bulan ini si bayi sudah boleh sedikit air putih ketika haus atau berkeringat. 

Ladies, perlu diingat, jangan terlalu banyak memberikan air putih karena dapat membuat bayi menjadi kembung, tidak mau lagi minum ASI, atau bahkan sakit perut. Terlalu banyak air putih ternyata juga bisa mengganggu proses penyerapan nutrisi dari ASI.

Ada kasus yang lebih gawat namun jarang sekali terjadi. Saat air putih terlalu banyak diberi air putih, ia bisa mengalami intoksikasi air. Dalam kondisi ini, air mengencerkan kadar garam dalam tubuh sehingga tubuh mengalami ketidakseimbangan cairan. Akibatnya, bayi dapat mengalami kejang, penurunan kesadaran, bahkan koma.

Nah, saat si kecil sudah 1 tahun alias sudah mengonsumsi makanan padat, ibu sudah bisa memberikan air putih sesuai keinginan anak. Tapi perlu diingat, hindari memberikan terlalu banyak air saat anak diare. Ini karena si kecil lebih membutuhkan carian yang mengandung elektrolit. Tetap konsultasikan dulu dengan dokter ya Mom.

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Sumber: Liputan6.com


(vem/ivy)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top