Selasa, 13 November 2018 |
Kesehatan & Olahraga

Dianto Harap Jambi Ciptakan Pesepak Bola Profesional

Minggu, 12 Agustus 2018 11:19:02 wib

JAMBIDAILY OLAHRAGA – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.M.Dianto,M.Si mengharapkan, Provinsi Jambi bisa menciptakan pesepak bola profesional yang dapat membawa nama baik Provinsi Jambi di ajang nasional bahkan sampai ajang ke internasional. Hal tersebut disampaikan Sekda saat membuka Liga Sepak Bola Piala Menpora U-12 Tahun 2018 Tingkat Provinsi Jambi, bertempat di Stadion Mini - Jambi, Sabtu (11/08) pagi.

“Kita melihat, besarnya potensi pemain sepak bola yang belum dibina secara terukur dan terarah di kalangan generasi muda, khususnya pada usia dini. Liga ini digelar dengan tujuan bisa mencipatakan pesepak bola handal yang mampu mengharumkan nama baik Provinsi Jambi di kancah nasional bahkan sampai pada kancah internasional,” ujar Sekda.

Sekda mengungkapkan, liga ini merupakan salah satu solusi untuk jangka panjang, dalam menjawab kerisauan dan keinginan masyarakat Jambi atas prestasi sepak bola Jambi di ajang nasional. Penyelenggaraan invitasi dan kejuaraan kelompok umur juga sebagai wadah dalam pembinaan pemain sepak bola untuk lebih meningkatkan persepak bolaan di Provinsi Jambi.

“Kita harus lebih memperbanyak kejuaraan kejuaraan seperti ini, dalam upaya melakukan pembinaan terhadap pesepak bola Jambi dimulai dari usia dini, sehingga nantinya Provinsi Jambi bisa menciptakan pesepak bola profesional yang mampu berbicara banyak di kancah nasional, serta meningkatkan prestasi sepak bola kita,” kata Sekda.

Sekda mengharapkan, melalui liga ini bisa mewujudkan generasi muda yang berkualitas, baik deri segi akhlak, mental, jiwa sportifitas yang tinggi serta bisa menjauhkan generasi muda dari kegiatan yang negatif seperti terjerumus dalam narkoba. Generasi muda bisa menjauhkan diri dari bahaya narkoba melalui olahraga, khususnya sepak bola ini karena harus menjaga fisik dan untuk selalu bugar.

Ketua Forum Sekolah Sepak Bola Indonesia (FOSSBI) Provinsi Jambi, Saman,S.Pt menyampaikan, pihak penyelenggara liga sepak bola ini adalah Kementerian Pemuda Dan Olahraga RI dengan berbagai tingkatan sesuai dengan kategori umur, mulai dari U-12, U-14, U-16 dan U-18, namun pelaksanaannya diserahkan kepada operator sesuai dengan tingkatannya.

“Pihak FOSSBI sendiri ditunjuk menjadi operator untuk pelaksanaan liga sepak bola U-12, dengan menggunakan anggaran dari kerja sama semua pihak dan sponsor, liga ini bisa berjalan, karena Kementerian Pemuda dan Olahraga RI tidak menganggarkan untuk pelaksanaan liga U-12 di Provinsi dan Kabupaten,” tutur Saman.

Saman mengatakan, untuk liga sepakbola U-12 tingkat Provinsi tahun ini menampilkan 12 tim yang mewakili masing masing Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi, yang sebelumnya telah dilaksanakan liga sepak bola U-12 di seluruh Kabupaten/Kota Se Provinsi Jambi. Pemenang dari liga ini akan mengikuti kejuaran nasional dalam rangka Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) yang diselenggarakan pada tanggal 27 s/d 30 Agustus 2018 di Balikpapan.

Lebih lanjut, Saman mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jambi dalam upaya mengukir prestasi sepak bola. Semoga Provinsi Jambi bisa melahirkan bibit bibit unggul dalam dunia sepak bola yang dapat mengharumkan nama Provinsi Jambi. (Richi, foto: Mulyadi, video: Ardi/Humas Pemprov Jambi)

 

KOMENTAR DISQUS :

Top