Rabu, 22 November 2017 |
Nasional

"Dicurhati" Sekda, Ini Sikap DPD RI Untuk Percepatan Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung

Selasa, 07 Juli 2015 02:23:13 wib
Maket Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung (Pemprov.go.id)

JAMBIDAILY NASIONAL-Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi H. Ridham Priskap menyatakan bahwa dalam prioritas pembangunan pengembangan 4200 Ha kawasan Ujung Jabung, peran pemerintah pusat sangat diharapkan (Dicurhati-red). 

Pernyataan demikian disampaikannya saat menerima kunjungan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI)  di Ruang Rapat Sekda, Senin (06/07).

Kedatangan Anggota DPD RI ini disambut langsung Sekda Provinsi Jambi H. Ridham Priskap serta sekaligus  memaparkan dan menjelaskan pembangunan Ujung Jabung dengan didampingi Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur H. Ambo Tang.

Dalam sambutannya sekda menjelaskan, dalam rangka memanfaatkan mobilitas logistik global, pemerintah provinsi jambi telah menetapkan pembangunan 4200 Ha kawasan ujung jabung.

Pemrov sangat mengharapkan peran pemerintah pusat untuk memprioritaskan lanjutan pendanaan untuk pembangunan pelabuhan ujung jabung yang pembangunan yang saat ini sudah masuk ke tahap II setelah tahun 2014 yang lalu dilaksanakan Groundreaking dan infrastruktur penunjang lainnya seperti, pembangunan jalan akses ujung jabung, yang secara bertahap telah dilakukan pembebasan dan pembangunan jalan, kebutuhan air baku sebagai sumber air bersih dan pembangkit listrik untuk pendukung kawasan ekonomi ujung jabung,"paparnya.

Selain itu sekda juga mengatakan, dalam rangka percepatan perkembangan wilayah dan peningkatan perekonomian, pemerintah provinsi jambi telah menyusun strategi dan kebijakan makro pembangunan daerah sebagai tertuang dalam beberapa dokumen perencanaan," rencana tata ruang wilayah, rencana pembangunan jangka menegah daerah, serta dokumen-dokumen perencanaan sektoral lainnya dengan tetap berpedoman kepada dokumen nasional yang ada," katanya

Sekda juga menjelaskan, sesuai keputusan menteri perhubungan RI nomor KP.414 tahun 2013 tentang penetapan rencana induk pelabuhan nasional," pelabuhan ujung jabung telah ditetapkan menjadi pelabuhan utama dengan target operasional pada tahun 2020 nanti," jelasnya.

Selain itu Ketua Komite II DPD RI Paralindungan Purba, SH, MM menjelaskan, melihat keseriusan pemerintah provinsi jambi dalam pembangunan ujung jabung ini perlu kita dukung bersama," melalui anggota DPD asal provinsi jambi kita bersama-sama perjuangkan ini, melihat prospek ekonomi provinsi jambi kedepan lebih cerah," jelasnya

Dijelaskannya, banyaknya potensi ekonomi diprovinsi jambi serta luas lahan yang dimiliki," pelabuhan ujung jabung akan menjadi perhatian kami yang sangat serius," paralindungan

Dikatakan  Parlindungan, " saat ini pemerintah dalam transisi, artinya kita akan ingatkan pemerintah bahwa sebelumnya pemerintah pusat sudah berbuat janji akan membangun pelabuhan ujung jabung," katanya.

Selain itu diharapkan Balai jalan untuk segera menuntaskan permasalahan jalan yang ada, agar semua akses cepat bisa dipercepat tindak lanjutnya.(jambidaily.com/HMS/SAP)

KOMENTAR DISQUS :

Top