Kamis, 18 Juli 2019 |
Ekonomi

Dihadapan Para Rajo, Suku Anak Dalam Curhat: Kami juga Ingin Punya Motor

Senin, 17 Juni 2019 09:36:57 wib
Tumenggung SAD, Afrizal/Foto: Jambidaily.com/HendryNoesae

JAMBIDAILY EKONOMI - Tumenggung Suku Anak Dalam (SAD), Afrizal meluapkan keluh kesah dan keinginan mereka saat acara pembukaan Workshop Forum Kemitraan Pembangunan Sosial Suku Anak Dalam (SAD) di V Hotel, kota Jambi (Minggu, 16/06/2019) dihadapan para Bupati dan tamu undangan.

"Bapak lebih kurang kebutuhan bapak-bapak rajo samalah dengan kebutuhan kami juga, mungkin bapak ingin punya motor, kami juga ingin punya motor karena bapak mengajari kami bermotor. Kami ini sebenarnya berbeda zaman dulu dengan zaman sekarang, zaman sekarang kami sudah berada di dunia luar, sudah membutuhkan biaya yang banyak, kalau tidak ada lahan bagaimana kami mau makan. Kalau dulu kami menanam Ubi, berburu dapat daging sudah cukup kami hidup. Saat ini kami sudah terbiasa dengan cara hidup di desa cara hidup bapak-bapak, sehingga kami sudah tau untuk hidup. Maka kami mengharapkan untuk bisa diberikan lahan untuk hidup, bukan hanya sekedar rumah," Tutur Afrizal.

Semakin kompleksnya kebutuhan, Afrizal mengharapkan pemangku kekuasaan dapat memperhatikan mereka lebih dari semua sisi, baik itu ekonomi juga pendidikan, kesehatan lainnya.

"Pertama lahan untuk kehidupan, kedua seperti kesehatan, perumahan itulah yang kami harapkan kepada pemerintah. Saya selaku tumenggung hanya bisa menyampaikan kepada bapak-bapak rajo, bapak-bapak yang kami harapkan untuk mewujudkan semua. Ketiga semua hal tadi bisa kita tanyakan kepada Jenang, karena dia penghubung suku anak dalam kepada pemerintah, Jenang adalah Rajo kami, dia lebih tau," Ungkap Afrizal.

"Sebagai tumenggung, kami hanyalah semacam kepala desa. Kami selaku pemimpin adat juga berkecimpung dalam forum seperti ini, jadi kami juga berharap selaku tumenggung dapat diperhatikan. Bagaimana caranya pemerintah dapat memberikan gaji sedikit kepada tumenggung, kami juga pemimpin masyarakat," Pungkas Afrizal.

Pembukaan Workshop tersebut, Minggu (16/06/2019) malam turut hadir Bupati Merangin, H Al Haris, Asisten II Setda Kabupaten Sarolangun, Perwakilan dari PT SAL dan Sinar Mas Group serta tamu undangan lainnya.

Juga Narasumber Workshop Forum Kemitraan Pembangunan Sosial Suku Anak Dalam adalah: (1) DR. Harapan Lumbangaol, Direktur Pemberdayaan KAT Dirjend Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial RI; (2) Ir. Dyah Murtiningsih, MHum, Direktur Direktorat Kawasan Konservasi Dirjend KSDA dan Ekosistem Kementerian LHK-RI; (3) Arief Munandar, SE, Kepala Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Jambi.


(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top