Jumat, 24 Mei 2019 |
Hukum

Dinkes Sarolangun dan BPOM Jambi Menemukan Mie serta Bakso Diduga Berformalin

Rabu, 08 Mei 2019 21:10:19 wib

JAMBIDAILY SAROLANGUN - Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi, menemukan mie basah yang diduga mengandung formalin dan pentolan bakso yang juga diduga mengandung borax serta cendol mutiara mengandung rhodamin atau zat pewarna pakaian di Kecamatan Singkut.

"Iya, penemuan barang tersebut melalui bidang kesehatan masyarakat yang turun bersama petugas sanitarian. Itu juga berdasarkan temuan bersama BPOM Jambi yang dilakukan pada kegiatan bimtek keamanan bahan pangan, Selasa (7/5) ," kata Kepala Dinas Kesehatan Sarolangun, H Adnan, ketika dikonfirmasi Gatra.com, Rabu (8/5) sore.

Ia mengatakan, hal ini perlu diwaspadai oleh masyarakat mengingat saat ini memasuki bulan suci ramadan kebiasaan masyarakat yang selalu berbelanja untuk kebutuhan sahur maupun berbuka puasa semakin meningkat.

"Tentu berbagai jenis makanan diperjualbelikan oleh masyarakat, namun kita harus berhati-hati memilih makanan, karena beredar makanan yang mengandung formalin maupun borax yang telah kami temukan ini," katanya mengingatkan.

Ia menyebut, bahwa hal tersebut diketahui setelah hasil dari sampel pemeriksaan melalui laboratorium bahwa positif mie basah mengandung formalin dan bakso mengandung borax serta cendol mutiara mengandung zat pewarna rhodamin.

"Pengawet dan pewarna yang terdapat pada makanan tersebut sangat membahayakan bagi siapa saja yang mengkonsumsinya," ujar Adnan.

Ia menjelaskan, untuk menindaklanjuti hal tersebut Dinas Kesehatan tidak mampu menarik bahan makanan yang mengandung zat berbahaya itu melainkan berkoordinasi bersama Disperindag dan BPOM Jambi untuk dapat menindak dan menarik secepatnya makanan yang mengandung bahan berbahaya itu sebelum beredar ke tengah masyarakat.

"Bukan wewenang kita menarik peredarannya, makanya kita lakukan koordinasi bersama pihak terkait terlebih dahulu. Berdasarkan keterangan pedagang pasar Singkut yang menjual mie basah mengandung formalin barang tersebut didapatkannya dari pemasok dari Lubuk Linggau, Sumatera Selatan," kata Adnan.

 

(Lukman Hakim)

KOMENTAR DISQUS :

Top