Minggu, 23 September 2018 |
Ekonomi - Advetorial

Dirjen PDASHL KLHK Tinjau Reklamasi PetroChina International Jabung Ltd di Siantang#1

Kamis, 04 Agustus 2016 20:22:06 wib
Dirjen PDASHL Dr. Hilman Nugroho didampingi Field Manager PetroChina Jabung John Halim meninjau reklamasi hutan Siantang #1

JAMBIDAILY ADVETORIAL-Kesuksesan SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd. dalam melakukan program reklamasi hutan di lokasi bekas sumur eksplorasi Siantang #1, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, mendapat perhatian khusus Dirjen Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL).

Dirjen PDASHL Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan (PDASHL-KLHK-RI), Hilman Nugroho beserta rombongan, meninjau langsung lokasi reklamasi tersebut, Rabu 03 Agustus 2016.

Managemen PetroChina International Jabung Ltd, melalui Field Manager PetroChina Jabung John Halim, menyampaikan, suatu kehormatan bagi PetroChina International Jabung Ltd menerima kunjungan Bapak Dirjen PDASHL KLHK Bapak Hilman dan rombongan, yang meninjau langsung hasil kerja PetroChina dalam revegetasi dan rehabilitasi di hutan bekas sumur eksplorasi Siantang #1.

Tahun 2010, setahun setelah berakhirnya masa berlaku izin kegiatan pemboran Siantang #1, PetroChina Jabung mengajak Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk merencanakan proyek reklamasi hutan dalam jangka waktu lima tahun.

Dalam kurun waktu tersebut, kami telah menanam ribuan bibit di lahan seluas lebih dari 7 Ha. Beberapa tanaman lokal yang kami tanam adalah Jabon, Jelutung, Pulai, Nyamplung, Manglid, Tembesu, Sungkai, Durian, dan Jambu Ketapang.

Pada 26 April 2016, tim verifikasi lapangan dari  PDASHL KLHK dan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi menyatakan kegiatan reklamasi dan rehabilitasi di Siantang #1 berhasil dan lokasi tersebut dapat dikembalikan sebagai kawasan hutan lindung gambut.

Dengan kesuksesan reklamasi tersebut, kami telah memenuhi kewajiban untuk mengembalikan rona awal hutan Siantang.

Selain memenuhi kewajiban, kami juga bangga telah meninggalkan warisan baik di tanah ini. Semoga lahan yang telah kembali hijau ini bisa meningkatkan biodiversitas lingkungan.

Kami berharap langkah PetroChina dalam melaksanakan kegiatan reklamasi hutan dapat menjadi contoh baik bagi perusahaan lain yang memiliki izin pinjam pakai lahan hutan.

"Akhirnya atas nama manajemen PetroChina, kami mengucapkan terima kasih atas arahan dan dukungan dari semua pihak, terutama dari Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan, SKK Migas, Dinas Kehutanan Provinsi dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, serta partner kami dari IPB. Juga terima kasih tak terhingga kami sampaikan kepada seluruh anggota team PetroChina, yang telah bekerja sama dan bekerja keras untuk melaksanakan kewajian ini, dengan hasil yang menggembirakan dan sukses,"ungkap Jhon Halim.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Dirjen PDASHL KLHK-RI, Dr. Hilman Nugroho, Direktur Konservasi Tanah dan Air Dr. Muhammad Firman, SKK Migas Perwakilan Sumbagsel Darwensi, Permit Matters Advisor PetroChina  Erwin Lebe, Field Manager PetroChina Jabung John Halim, Permit Matters Manager PetroChina Ibu Woro Sutjiningtias, Communication Manager PetroChina H Ginandjar, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi  Ir. Irmansyah Rahman, Kepala BPDASHL Batanghari Ir. Sutrisna, MP, Kasubdit Reklamasi dan Rehabilitasi Penggunaan Kawasan Hutan Ir. Waspodo, MP, Kepala Bagian Program dan Evaluasi Ditjen PDASHL  Ir. Eko Hadi Kuncoro, MP, Kepala Bidang Bina Hutan dan Konservasi Alam Dishut Prov. Jambi Ir. Agusrizal, MM, Perwakilan Dinas Kehutanan Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan dan sejumlah undangan penting lainnya.(rilis).

KOMENTAR DISQUS :

Top