Sabtu, 18 Agustus 2018 |
Ekonomi

Disidak Bupati Tanjabbar, Harga Sembako Alami Kenaikan Harga

Sabtu, 04 Juni 2016 17:59:26 wib
Bupati Tanjabbar H Syafrial Sidak Pasar

JAMBIDAILY EKONOMI-Memastikan kondisi harga sembako jelang Ramadhan 1437 H/2016, Bupati Dr.Ir.H. Safrial, MS bersama wakilnya Drs. H. Amir Sakib dan instansi terkait melakukan Inspeksi Mendadak(Sidak).

Dari hasil sidak ke Pasar Parit Satu dan Pasar Parit Dua Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat itu, rata-rata harga kebutuhan pokok telah mengalami lonjakan harga.

"Semua mengalami kenaikan pak, Kecuali bawang merah dengan bawang putih yang mengalami penurun sebesar 2000 rupiah dari 30 ribu menjadi 39 ribu perkilonya,"ujar salah satu pedagang kepada bupati.

Selain itu, yang paling mencengangkan, Harga daging sapi beberapa hari sebelum memasuki bulan puasa pedagang sudah menjual 140 ribu perkilonya.

"Harga daging sapi saat kini 140 ribu kami jual, harga tinggi terjadi sudah sejak tahunan, Tidak tahulah nanti puasa. Hingga hari raya, mungkin bisa naik lagi,"jelas Maman.

Tingginya harga daging sapi disebutkannya terjadi karena stok daging yang terbatas,

"Stoknya susah, ini saja belum habis habis kami jual oleh karna modal yang besar tadi,"keluh pedagang daging tersebut.

Menanggapi kondisi tersebut, H Safrial mengatakan, dari hasil peninjauan pada umumnya, memang harga sudah mulai bergerak naik, Baik itu kebutuhan ikan dan ayam maupun daging.

"Namun hasil peninjauan yang mengalami sedikit penurunan adalah hanya bawang putih dan bawang."

Untuk itu, Bupati meminta staf-stafnya agar berkordinasi dengan agen-agen besar supaya nantinya harga bisa stabil dan tidak terlalu tinggi mengalami kenaikan harga.

"Sebetulnya sama apa yang dikatakan sekarang, seperti tadi untuk cabe dari agen jumlahnya sedikit namun permintaan banyak menjelang memasuki bulan puasa. Itu memang hukum pasar, harga ditentukan supplay and demand,"jelas Bupati.

Diungkapkan Safrial, Pemerintah memainkan perannya supaya, kenaikan harga itu sebatas yang wajar.  Khususnya permasalahan daging kepada dinas perternakan untuk menyiapkan ternak karena pada saat memasuki puasa harga daging tinggi maka pemda akan melakukan operasi pasar.

"Mungkin begitu juga untuk hal-hal yang lain, Yang nantinya dapat dilaksanakan operasi pasar,"ungkap Bupati.(jambidaily.com/RZA)

KOMENTAR DISQUS :

Top