Selasa, 11 Desember 2018 |
Wisata & Budaya

Diwakili Desa Beringin Sanggul, Merangin Berpeluang Menang Lomba P2W-KSS

Rabu, 16 November 2016 21:01:46 wib
Ketua TP PKK Merangin Hj Hesti Haris bersama tim penilai Lomba P2W-KSS Provinsi Jambi

JAMBIDAILY BUDAYA-Kabupaten Merangin berpeluang besar memenangkan lomba program terpadu, Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2W-KSS).

"Semua kabupaten/kota berpeluang jadi juara, namun Merangin punya unggulan,’’ujar Ketua Dewan Juri P2W-KSS Provinsi Jambi, saat melakukan penilaian di Desa Beringin Sanggul Kecamatan Tiangpumpung, Rabu 16 Nopember 2016.

Berbagai keunggulan Kabupaten Merangin terlihat sangat menonjol dari berbagai bidang yang ditampilkan saat penilaian berlangsung.

Bahkan dewan juri, sangat kagum dengan berbagai kreativitas para ibu-ibu di Desa Beringin Sanggul tersebut.
 
Tim penilai yang berjumlah lima orang tersebut, juga kagum dengan kearifan lokal yang dimiliki Merangin. Selain itu pemanfaatan bahan-bahan bekas menjadi sesuatu yang menarik,  juga tak luput jadi perhatian dewan juri.

Bupati Merangin melalui Asisten I Setda Merangin H Junaidi menegaskan, ada dua desa di Merangin yang menjadi peminaan program terpadu P2W-KSS. Pertama Desa Bedeng Rejo Kecamatan Bangko Barat dan Desa Beringin Sanggul.

‘’Namun setelah dilaksanakan pembinaan dan penilaian tingkat Kabupaten Merangin, hasil dari penilaian yang meraih juara pertama Desa Beringin Sanggul, sehingga berhak mewakili Merangin ditingkat Provinsi Jambi,’’ujar H Junaidi.

Tujuan dari program terpadu P2W-KSS ini adalah untuk meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan dalam rangka mewujudkan keluarga berkualitas. Meningkatkan status kesehatan perempuan, meningkatkan status pendidikan.

Selain itu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perempuan dalam  usaha ekonomi produktif, meningkatakan partisipasi perempuan dalam pelestarian lingkungan hidup  dan meningkatkan peran aktif perempuan dalam pemahaman wasawasan kebangsaan.

Ketua TP PKK Merangin Hj Hesti Haris, menambahkan, ada sebagai 50 bidang pembinaan yang dilakukan kepada para perempuan di Desa Beringin Sanggul sesuai dari ketentuan lomba, namun lebih dari itu bidang lain juga diberikan.

Lomba tersebut lanjutnya, bukan hanya seremonial lomba, tetapi yang penting pembinaan dari 50 bidang tersebut, sehingga mampu meningkatkan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera.

‘’Saya sangat berterimakasih kepada masyarakat yang sangat memberikan respon terhadap kegiatan ini. Lomba ini akan sangat berdampak pada perubahan peran wanita di pedesaan yang jauh lebih baik lagi,’’ujar Hj Hesti Haris.(*)


Penulis   : Teguh HMS
Editor    :  Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top