Jumat, 24 November 2017 |
Wisata & Budaya

DPR Minta Segera Usut "PR" MTQ 45 Tebo

Selasa, 20 Oktober 2015 22:25:40 wib
Pesta Penutupan MTQ Provinsi Jambi ke-45 di Tebo

JAMBIDAILY MUARATEBO-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tebo minta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Tebo segera mengusut tuntas terkait persoalan pengadaan Makan Minum (Mamin) kafilah MTQ ke-45 beberapa waktu lalu senilai 1,4 milyar (PR Pasca MTQ).

Sebab sekecil apapun dana tersebut adalah bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan juga dinilai memalukan nama Kabupaten Tebo sebagai tuan rumah.

"Ya kejadian Mamin para peserta kafilah Mtq ke-45 kemarin kita semua tau koq, kejadian itu sangat memalukan.  Kita minta Pemda Tebo mengusut persoalan ini dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) juga harus bertanggung jawab apalagi kalau ada kejanggalan dalam pelaksanaannya,"tegas Wakil ketua DPR Tebo Wartono Triankusumo saat dikonfirmasi Jambidaily.com, Selasa (20/10) di kantornya.

Lanjut Wartono, kalau temen-temen aktifis menduga ada indikasi kerugian negara silahkan saja laporkan hal tersebut kepada pihak aparat penegak hukum, tandas politikus dari PDI-P itu.

Sementara itu Kabag Umum Setda Tebo Erwanto, dikonfirmasi, Selasa (20/10), terkait kisruhnya Mamin kafilah dikantornya menuturkan bahwa untuk saat ini tim Purchase Hand Over (PHO) sedang melakukan evaluasi pengadaan Mamin kafilah guna mengetahui langkah apa yang bakal diambil oleh Pemda Tebo selanjutnya.

Diakuinya, pihak rekanan sudah dua kali ditegur secara tertulis pasca kejadian tersebut. Meski demikian pencairan uang muka sebesar 30 persen dari nilai kontrak sudah di ambil oleh pihak rekanan, namun untuk pencairan tahap berikutnya kita tunggu hasil evaluasi dari tim PHO.

Saat ditanya apakah Pemda Tebo kecewa terkait persoalan Mamin kafilah beberapa waktu lalu, Erwanto menjawab 'terserah penilaian kalian lah ,saya rasa semua sudah pada tau jawabannya ,intinya, rekanan tersebut bekerja tidak profesional kalau perlu dilakukan audit oleh auditor yang independen biar lebih jelas, keluh Erwanto.

Sementara itu, Usman, sebagai rekanan pemenang tender CV.Rindy Semesta Mamin Kafilah Mtq tingkat propinsi Jambi tahun 2015, dikonfirmasi, via telpon, mengatakan, sesuai jadwal pelaksanaan dikontrak tanggal 9 hari sabtu.

"Tapi tidak ada pemberitahuan jam berapa kafilah datang, pasalnya kalau kita tau perkiraan kedatangan kafilah sebelumya pasti penyajian Mamin tidak terjadi seperti yang lalu,"jelasnya.

Namun, sekitar tengah hari kita baru dikasih tau kafilah datang dan pihak panitia meminta agar Mamin kafilah disiapkan dan kita sanggupi tapi apa adanya.

"Tapi apa yang kita siapkan saat itu tidak diterima.  Kami minta maaf karena kondisinya seperti itu dan bukan disengaja,"pungkas Usman.(jambidaily.com/ARD)

KOMENTAR DISQUS :

Top