Kamis, 21 Juni 2018 |
Politik

DPR RI: Harus Ada Solusi Permanen Atas Permasalahan Asap

Sabtu, 19 September 2015 10:13:57 wib

JAMBIDAILY POLITIK-Anggota Komisi II DPR Syarif Abdullah Al Kadrie, berharap agar pemerintah segera mencari solusi yang permanen atas permasalahan kabut asap.

Ia mengatakan bahwa pemerintah jangan hanya bertindak setelah terjadinya kebakaran hutan, namun yang paling penting adalah upaya preventifnya yang harus dilakukan secara permananen, agar hal ini tidak terulang kembali setiap tahun.

"Kalau kita lihat, persoalan asap ini sudah berlangsung selama 18 tahun. Harus ada solusi permanen dari pemerintah,” ujar Syarif.

Menurutnya, pemerintah harus mengevaluasi dan merubah pola pemberian izin di daerah gambut. "Karena sebagian besar kebakaran terjadi di wilayah itu. Kan sudah ada ketentuannya berapa tanah gambut yang bisa digunakan dan berapa yang tidak bisa digunakan,” ujar Syarif.

Syarif melanjutkan bahwa selama ini ia juga tidak melihat adanya upaya penegakan hukum yang tegas terhadap para pelaku pembakaran hutan.

"Jangan sampai petani kecil yang menjadi korban. Gara-gara dia membakar lahan, dia yang ditangkap dan dijadikan kelinci percobaan. Sampai saat ini, saya belum mendengar ada perusahaan-perusahaan besar yang dipidanakan,” kata Syarif.(Viva.co.id)

KOMENTAR DISQUS :

Top