Rabu, 16 Oktober 2019 |
Pendidikan & Teknologi

Drs. H. Wirman: Mari Mengajar dengan Ikhlas agar Jadi Ladang Amal

Kamis, 22 Agustus 2019 17:29:57 wib
JAMBIDAILY PENDIDIKAN - SESOSOK pria berdiri mengabsen anak didiknya sebelum pelajaran Olahraga di halaman SMA tertua di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah Provinsi Jambi, yakni SMA Negeri 1 Jambi. Hal itu dilakukan Guru bertubuh atletis ini setiap pelajaran akan dimulai, sembari memberi pengarahan tentang Kompetensi Dasar yang akan dicapai pada pelajaran hari itu.

Drs. H. Wirman telah mengabdikan diri kurang lebih selama 33 tahun di beberapa sekolah, termasuk di Lubuk Basung Sumatera SK CPNS pertama, guru SMA Negeri 2 Jambi, Kepala SMA Negeri 8 dan Kepala SMA Negeri 4 Jambi. Selanjutnya guru di SMA Negeri 1 Jambi.

Suami dari Armayulis, Am.Keb terhitung mulai 1 September 2019 mulai pensiun. Ia mengatakan, sudah puluhan tahun mengabdi guru, yang setiap harinya bercengkrama dengan anak didik dengan berbagai tingkah laku serta latar belakang sosial dan ekonomi berbeda-beda.

“Mulai awal bulan September tidak ke sekolah lagi, saya sudah pensiun. Memang sedih rasanya, kebiasaan sehari-hari bertemu dengan teman sejawat guru serta anak didik tidak bisa dilakukan lagi. Tapi itulah proses yang pasti dilalui guru PNS,” ujar Pria berkumis yang awet muda ini.

Motto kerja orang tua dari Yudi Darman, S.Pd. dan dr. Merry Cerdina, BERUSAHA dan BERJIHAD. Artinya, jangan mengeluh dengan tugas yang dibebankan oleh atasan. Selain itu, menyiapkan ilmu pengetahuan untuk disampaikan ke peserta didik, juga dituntut untuk mempersiapkan administrasi pembelajaran yang tidak sedikit.

“Setiap tugas yang diberi diniatkan untuk berjuang. Jadikan ilmu yang disampaikan kepada anak didik sebagai lahan dakwah kelak menjadi bekal kehidupan kita kelak di akherat. Sebagaimana sabda Rasulullah bahwa salah satu amal yang tidak terputus walaupun sudah mati adalah ilmu yang bermanfaat. Mari mengajar dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab,” jelas Pak Haji, panggilan akrab guru di SMA Negeri 1 Jambi.

Ketika ditanya pengalaman paling menarik atau berkesan selama menjadi guru dan aktivitas apa yang dilakukan usai purna tugas ini. “Kemana-mana berjalan dan berurusan sering bertemu dengan mantan siswa. Untuk urusan seringkali cepat selesai. Mengisi hari-hari ke depan setelah pensiun, ingin menikmati dengan jalan-jalan dan ke kebun,” pungkas Alumni IKIP Padang mengakhiri pembicaraan.

Tanggapan dari salah seorang guru SMA Negeri 1 mengatakan, beliau orang yang bertanggung jawab dalam bertugas, konsekuen, dermawan, dan menjadi teladan buat tenaga pendidik di sekolah ini.

“Pak Wirman orangnya selalu semangat dalam mengajar dan mudah membaur dengan kawan-kawan. Pasti, teman-teman guru merasa kehilangan. Rasanya beliau termasuk baru di sekolah ini, rasanya teman-teman memiliki kedekatan dengannya,” kata guru yang tak mau disebut namanya.

Selamat Menikmati Usia Pensiun Pak Drs. H. Wirman, semoga sehat selalu dan dalam lindungan-Nya. (SB).

KOMENTAR DISQUS :

Top