Senin, 24 September 2018 |
Politik

Dukcapil "Deadline" Perekaman Data E-KTP Akhir Bulan Ini

Selasa, 06 September 2016 20:40:33 wib
Perekaman data E-KTP (google.co.id)

JAMBIDAILY POLITIK-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Batanghari memberi batas akhir (Deadline) kepada masyarakat untuk melakukan perekaman data E-KTP hingga akhir September 2016 ini.

"Jika sampai  tenggat waktu tersebut belum melakukan perekaman data E-KTP, maka  penduduk dimaksud akan mendapat sanski administrasi berupa pembekuan data penduduk. Kebijakan ini  juga berlaku bagi pemegang KTP manual,"jelas Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil Batanghri Ade Febriandi, Selasa 06 September 2016.

Dijelaskannya, Sesuai Keputusan Kemendagri, masyarakat yang data penduduknya dibekukan, otomatis tidak bisa menikmati pelayanan publik berbasis nomor induk kependudukan (NIK), seperti layanan BPJS, Perbankan dan pengurusan SIM. Data yang dimaksud dapat diaktifkan kembali dengan cara melakukan perekaman e-KTP.

Untuk itu, Dinas Dukcapiul menghimbau masyarakat yang sudah memenuhi syarat-syarat segera melakukan perekaman data sebelum akhir September. Semua proses pencetakan dan perekaman e-ktp tidak dipungut biaya alias gratis.

"Kami juga sudah memmberi himbauan ke seluruh kantor camat dalam wilayah Batanghari. Waktu masih ada, diharapkan segera laukan pegurusan e-KTP hingga ahir bulan ini,"himbaunya.

Sementara itu, untuk Kecamatan Muara Tembesi saat ini warga yang sudah melakukan perekamam e-KTP sudah mencapai 87 persen.

"Bukan warga kita saja, warga dari Kecamatan Marosebo Ilir, Mersam dan Pemayung diperbantukan sementara, karena ditempat kecamatan tersebut jaringan kurang bagus,"jelas Camat Muara Tembesi, Asri Yolansyah, Selasa (06/09).

Yolansyah juga menghimbu kepada masyarakat Tembesi baik melalui Kades-Kades maupun media sosial, agar masyarakat mengurus perekaman e-KTP, karena sesuai himbaun Dukcapil Kabupaten Batanghari pada ahir September ini perekman e-KTP sudah final.

"Saya juga terus mengimbau warga saya agar segera urus e-KTP. Dan Insya Allah semoga September ini diharapkan rampung seratus persen,"pungkasnya.(*)

Penulis   : Syahreddy
Editor    :  Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top