Jumat, 28 Juli 2017 |
Wisata & Budaya

Dukung Budaya Mudik Lebaran, PUPR Provinsi Jambi Lakukan Ini Lho....

Jumat, 23 Juni 2017 13:27:02 wib
Posko Lebaran DPUPR Provinsi Jambi Mendukung kelancaran budaya mudik lebaran 1438 H / 2017

JAMBIDAILY BUDAYA-Tak terasa bulan Ramadhan akan berlalu, tradisi di masyarakat kita biasanya melakukan perjalanan pulang kampung/ mudik guna berkumpul dengan saudara dan kerabat dikampung halaman.

Hal ini pun terjadi pada masyarakat Jambi, banyak dari mereka yang mudik ke beberapa daerah seperti Kerinci, Ma. Tebo, Ma. Bungo, Tanjabar dan Tanjabtim.

Menjawab kebutuhan masyarakat dan mendukung budaya mudik lebaran tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi melakukan berbagai persiapan.

Menurut Kepala Dinas PUPR Dody Irawan, ST.MT, Pihaknya (PUPR) telah melakukan perbaikan infrastruktur jalan khususnya yg termasuk jalur mudik baik melalui sistem kontraktual maupun swakelola.

Selain jalur Simpang Tempino hingga Muara Bulian yang beberapa waktu lalu ditinjau pak Gubernur, untuk jalur lintas timur tepatnya mulai dari batas Jambi palembang - Paal 10 - Mendalo -jembatan Aurduri 1 hingga perbatasan Pekanbaru saat ini sudah dilakukan perbaikan dan akan terus berlanjut setelah lebaran nanti.

"Sesuai arahan dari Bapak Gubernur kemarin, bahwa seluruh jalur mudik yg ada di Provinsi jambi pada H-3 Lebaran sudah harus minimal dapat dilalui para pemudik dengan lancar dan akan dilanjutkan guna mencapai hasil yang mantap setelah lebaran ini." ujar Dody, Sabtu (23/06).

Ditambahkannya, untuk jalur mudik lain, yang masuk dalam kewenangan jalan Nasional maupun Pemkab/Kota pihaknya sudah berkoordinasi langsung dengan pihak Balai Jalan Nasional yang ada di provinsi Jambi dan Dinas PU di Kabupten/Kota.

"Contohnya jalur lintas timur mulai dr batas palembang - paal 10 - Mendalo - Jembatan Aurduri 1 - hingga batas Pekanbaru telah dilakukan perbaikan lapis permukaan aspal di beberapa titik (patching, rekondisi hingga overlay) oleh DPUPR Prov. Jambi maupun pihak Balai,"papar Dody.

Untuk jalur mudik lainnya seperti di kabupten Tebo tepatnya ruas simpang shawmel-Logpon-Tanjung atau yang lebih dikenal dengan jalur Padang Lamo pun telah dilaksanakan pembangunan.

"Dapat dipastikan untuk mudik tahun ini, masyarakat tidak perlu khawatir. Sebagian besar ruas jalan yang rusak sudah kita tangani, kami pun bekerjasama dengan Pihak Kepolisian dan Dishub dalam mendirikan Posko Mudik. Alat berat kita juga standbye di empat lokasi yaitu : Tempino, Suakandis, Ma. Tebo dan di Sanggaran Agung Kerinci. Jadi apabila terjadi longsor atau jalan putus, kami dapat dengan cepat meluncurkan alat berat beserta kendaraan pendukungnya dan operator ke titik lokasi kejadian terdekat,"pungkasnya.(*)


(Ivan/Hms-DPUPR)

 

KOMENTAR DISQUS :

Top