Rabu, 16 Oktober 2019 |
Politik

Dukung Empat Ranperda Inisiatif DPRD, Ini Kata Wagub

Jumat, 11 Maret 2016 14:13:33 wib
Ilustrasi (google.co.id)

JAMBIDAILY POLITIK-Pemprov Jambi mendukung empat Ranperda Inisiatif Dewan, selama itu untuk kepentingan rakyat dan kemajuan daerah.

“Dewan menyampaikan 4 (empat) Ranperda,  Semua ini tujuannya baik.  Kemarin sudah ada tanggapan Gubernur nanti akan diolah kembali. Semua ini untuk kepentingan masyarakat banyak, mudah-mudahan semua bisa memahami dengan baik,"papar Wakil Gubernur Jambi DR.Drs.H.Fachrori Umar, M.Hum, sebagai dukungan pemerintah, saat menghadiri sidang DPRD dengan agenda jawaban DPRD Provinsi Jambi terhadap Pemandangan Pemerintah Tentang 4 Ranperda Inisiatif DPRD Provinsi Jambi, Kamis (10/03).

 Dijelaskan Wagub, pemerintah melalui SKPD terkait akan mendukung DPR untuk membahas 4 Ranperda tersebut  seperti yang diminta oleh Gubernur bahwa akan melibatkan partisipasi public, dan memaksimalkan peran serta SKPD terkait yang berhubungan dengan aktivitas bandara dan penataan ruang. Baik di lingkup pemerintah Provinsi maupun pemerintah Kabupaten/Kota.

“Saat ini memang harus ada pengkajian terhadap letak dari bandara kita, sekarang ini bandara terletak dengan kebun binatang kita akan mengkaji apakah ini akan memiliki dampak terhadap binatang, dan juga bagaimana dengan masyarakat di sekitar bandara, kita kan duduk bersama, untuk membahasnya”jelas Wagub.

Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston dalam tanggapannya yang dibacakan oleh H. Hasan Ibrahim, S.Pd.I,   menyatakan, menyimak yang disampaikan oleh Gubernur Jambi pada 4 Maret lalu, pada prinsipnya ada dukungan yang kuat dari pemerintah Jambi agar keempat Ranperda tersebut diteruskan pembahasannya.

Ranperda pertama adalah Ranperda Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan dan Batas kawasan Kebisingan Bandar Udara Sultan Thaha Jambi. Ranperda ini dikeluarkan setelah melihat aktivitas Bandara Sultan Thaha Jambi terus mengalami perkembangan penerbangan yang sangat pesat.

Komisi I DPRD Provinsi Jambi mengusulkan Draft Ranperda dimaksud untuk mendukung aktivitas keselamatan penerbangan, baik bagi pengelola bandara, pihak maskapai, pengguna jasa penerbangan, terlebih bagi masyarakat yang berada di sekitar bandara.

DPR juga menanggapi masukan dari pemerintah untuk melakukan penajaman terhadap pasal pengorganisasian Koperasi, DPR menjelaskan bahwa ini tertuang dalam  ruang lingkup Ranperda yang membahas 4 (empat) point utama yaitu penguatan kelembagaan koperasi, pemberdayaan Koperasi dan UKM, pengembangan dengan beberapa bentuk usaha yang dapat dilakukan serta monitoring dan evaluasi yang harus dilakukan.

Terkait masukan pengaturan peran pemerintah dalam peningkatan Koperasi dan UKM, disampaikan DPR bahwa dalam Ranperda tersebut telah diatur upaya yang dapat dilakukan sesuai dengan kewenangan para pihak yang terkait dengan koperasi.

DPR juga mendorong pola-pola kemitraan yang dibangun antara koperasi dan UKM dengan BUMD, BUMS maupun perusahaan khususnya dalam bidang penguatan permodalan dan menumbuhkan iklim usaha yang sehat bagi koperasi dan UKM.

Secara umum, DPRD Provinsi Jambi dan Pemerintah Daerah sepakat bahwa Ranperda Tata Kelola Pemanfaatan Air Tanah ini dibutuhkan dan penting dalam konteks kebutuhan dan ketersediaan.

Bahwa pengelolaan air tanah secara bijaksana perlu diatur baik dari sisi pemanfaatan dan sisi perlindungan atau konservasi. Sehingga keberlanjutan ketersediaan air tanah dapat terjaga dan terlindungi.

Dalam penyusunan Ranperda ini juga akan memuat dasar hukum deregulasi yang memerintahkan pembuatan dalam bentuk ranperda Tata Kelola Pemanfaatan Air Tanah. Dengan mengacu pada dasar hukum nasional dan diikuti perda yang ada di Provinsi Jambi yang berhubungan dengan Tata Kelola Pemanfaatan Air Tanah.

Ranperda berikutnya adalah Ranperda tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana. Harapa dari DPR dan Pemerintah agar masing-masing pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan penananggulangan bencana dapat terkoordinasi, terpadu dan tersistematisasi dengan baik dalam segala jenis bencana dan tahapannya , Baik sebelum bencana, saat,dan pasca bencana.

Rapat ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Chumaidi Zaidi,  SE, berjalan sesuai agenda yang disepakati.(jambidaily.com/HMS/MAR)

KOMENTAR DISQUS :

Top