Jumat, 19 Juli 2019 |
Ekonomi

Edukasi Akses Keuangan Masyarakat, OJK Jambi Laksanakan Bulan Inklusi Keuangan 2017

Senin, 30 Oktober 2017 21:36:00 wib
Kepala OJK Provinsi Jambi, Endang Nuryadin SE saat membuka Investiva bulan Inklusi Keuangan 2017

JAMBIDAILY EKONOMI-Memberi edukasi akses dan pengelolaan keuangan ke masyarakat, Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jambi melaksanakan kegiatan nasional bulan Inklusi Keuangan 2017.

Kegiatan nasional ini dilaksanakan OJK setiap Bulan Oktober setiap tahunnya, yang bertepatan dengan Peringatan Hari Anak Nasional serta Peringatan Hari Sumpah Pemuda.

"Kegiatan Inklusi Keuangan ini merupakan bagian dari upaya OJK memberi Edukasi akses keuangan ke masyarakat.  Ini sesuai dengan amanah yang diemban OJK sesuai UU Nomor 21 Tahun 2011.  Agar melalui edukasi ini masyarakat makin luas akses terhadap industri keuangan,"ungkap Kepala OJK Provinsi Jambi, Endang Nuryadin SE, saat dibincangi jambidaily.com, di ruang kerjanya, Senin (30/10/2017).

Menurutnya, tujuan dibentuknya OJK agar mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.

"Kita akan edukasi masyarakat dan juga melakukan pengawasan usaha jasa keuangan agar sektor jasa keuangan terselenggara secara teratur, adil, transparan dan akuntabel.

Pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan sektor keuangan, baik perbankan, pasar modal dan jasa keuangan non bank, seperti Asuransi, dana pensiun, Lembaga Pembiayaan, Reksadana, dan jasa keuangan lainnya.

"Untuk itulah melalui bulan Inklusi ini kita melakukan serangkaian kegiatan literasi dan inklusi keuangan," papar pria yang telah malang melintang didunia perbankan ini.

Sementara itu, sebagaimana rilis resmi OJK Jambi kepada jambidaily.com, menyampaikan, pihaknya telah melaksanakan sejumlah kegiatan, antara lain :

1. Dalam Rangka Peringatan Hari Anak Nasional tahun 2017, kegiatan Literasi dan Inklusi Keuangan yang dilaksanakan bertajuk “Edukasi Keuangan Bagi  Pelajar Dalam Rangka Hari Anak Nasional”.
Kegiatan yang dilaksanakan di Kompleks Percandian Muaro Jambi pada tanggal 24 Oktober 2017 ini berhasil melakukan pembukaan rekening Tabungan Simpanan Pelajar sebanyak 210 rekening, yang dilakukan oleh 4 Bank Syariah yang memiliki produk keuangan Tabungan Simpanan Pelajar Syariah (SimPel iB), antara lain Bank Jambi Syariah, BRI Syariah, BNI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri. Selain bertujuan memberikan alternatif produk tabungan bagi pelajar, kegiatan ini juga bertujuan untuk membudayakan menabung sejak dini bagi pelajar.

2.Talkshow Radio terkait produk Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (LAKUPANDAI), yang dilaksanakan pada tanggal 18 sampai dengan 26 Oktober 2017. Kegiatan ini dilaksanakan di Radio Republik Indonesia (RRI) Provinsi Jambi dan melibatkan 6 Industri Perbankan sebagai penyelenggara program Lakupandai. Bank-bank penyelenggara Lakupandai di Provinsi Jambi antara lain yaitu Bank Mandiri, BRI, BNI, Bukopin, BTN, dan BTPN.

3.Melanjutkan semangat Sumpah Pemuda, Kantor OJK Provinsi Jambi juga melaksanakan kegiatan Literasi Keuangan dengan melibatkan Mahasiswa KUKERTA dari Universitas Jambi pada tanggal 27 Oktober 2017 berlokasi di Kecamatan Tebo Ulu, Kabupaten Tebo Provinsi Jambi.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan informasi kepada Mahasiswa tersebut terkait OJK, Produk dan Jasa Keuangan, serta Waspada Investasi. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan kepada Mahasiswa KUKERTA ini dapat menjadi “Agen Literasi Keuangan” yang dapat menyampaikan kembali informasi yang diperoleh, kepada masyarakat di lokasi KUKERTA. Selain itu, kegiatan Literasi Keuangan ini juga dapat dijadikan salah satu alternatif kegiatan/program KUKERTA yang saat ini sedang dijalani.

4.Perlombaan Ranking 1, Lomba Cepat Tepat (LCT), serta Games Stocklab yang dilaksanakan serangkaian dengan kegiatan Investment Festival (INVESTIVAL) Tahun 2017 yang terselenggara atas kerjasama OJK dan Bursa Efek Indonesia Perwakilan Jambi, berlokasi di Atrium Mall WTC Batanghari pada tanggal 28-29 Oktober 2017 ini juga melibatkan pelajar dan mahasiswa dari institusi pendidikan di Provinsi Jambi.
Perlombaan Ranking 1 dan LCT diikuti oleh 13 Sekolah Menengah Atas Se-Provinsi Jambi. Masing-masing sekolah mengirimkan perwakilan sebanyak 3 (tiga) pelajar untuk Lomba Raking 1 serta 3 (tiga) pelajar untuk Lomba Cepat Tepat. Selain itu, Games Stocklab diikuti oleh 52 mahasiswa yang berasal dari 5 (lima) Perguruan Tinggi Se-Provinsi Jambi. Juara dari masing-masing perlombaan antara lain :
•    Lomba Ranking 1
    Juara I    : Sefa Ristia Ilyas (SMA Islam Al Falah)
    Juara II    : Aryani Kusuma (SMA Negeri 2 Kota Jambi)
    Juara III    : Felicia Angelina (SMAN 3 Kota Jambi)

•    Lomba Cepat Tepat (LCT) :

    Juara I    : SMA Islam Al Falah
    Juara II    : SMA Negeri 3 Kota Jambi
    Juara III    : SMAN Titian Teras HAS Jambi

•    Games Stocklab :
         Juara I    : Anggy Andria (STIE Muhammadiyah Jambi)
    Juara II      : Yopa Alhadi (UIN STS Jambi)
    Juara III    : Mukhti Irawan (UIN STS Jambi)

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan tingkat Literasi dan Inklusi Keuangan Masyarakat Indonesia dapat meningkat, sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yaitu Indek Inklusi Keuangan pada tahun 2019 sebesar 75%, yang artinya sebanyak 75% masyarakat Indonesia telah mengerti dan telah menggunakan Produk dan Jasa Keuangan di Indonesia.(rilis/*)

Editor   : Hery FR

 

KOMENTAR DISQUS :

Top