Selasa, 19 Desember 2017 |
Ekonomi

Endang Nuryadin SE: OJK Jambi Terus Lakukan Silaturahmi dan Edukasi

Selasa, 07 November 2017 13:26:01 wib
Kepala OJK PRovinsi Jambi Endang Nuryadin SE saat bersilaturahmi dengan Gubernur Jambi H Zumi Zola Zulkifli (ft:istimewa)

JAMBIDAILY EKONOMI-Melakukan Silaturahmi kepada para pemangku kebijakan dan melaksanakan edukasi ke tengah-tengah masyarakat.  Itulah upaya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jambi dalam memperkenalkan peran dan fungsi OJK ke masyarakat Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.

"Alhamdulillah, sejak saya dilantik terus melakukan silaturahmi kepada para pemangku kebijakan.  Dan terus melaksanakan kegiatan edukasi ke masyarakat,"ungkap Kepala OJK Provinsi Jambi, Endang Nuryadin SE kepada jambidaily.com melalui WA Chatnya, Selasa (07/11/2017).

Melalui kegiatan Silaturahmi yang dilaksanakan ke para pemangku kebijakan, sehingga ada satu kesepakatan bersama untuk mendukung upaya OJK sebagai lembaga negara yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan.

"Ini sesuai amanah Undang-undang nomor 21 tahun 2011 tentang Fungsi dan Peran OJK"terang Endang.

Sedangkan untuk mensosialisasikan perlindungan konsumen dan masyarakat serta informasi tentang jasa keuangan pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan edukasi, baik ke sekolah-sekolah, masyarakat sekitar maupun instansi terkait lainnya.

"Kita berharap melalui pendekatan silaturahmi dan edukasi, OJK dapat memberi pelayanan yang baik sesuai fungsinya,"pungkas pria yang telah malang melintang di dunia perbankan ini.

Sementara itu, Humas OJK Provinsi Jambi, Agus Setiawan melalui rilis resminya, menyampaikan, Senin (06/11/2017) pihaknya telah melaksanakan kegiatan edukasi kepada anggota TNI Korem 042 Garuda Putih.

Melalui kegiatan tersebut, pihaknya telah memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat(anggota TNI-red) atas karakteristik sektor jasa keuangan, layanan, dan produknya demi meningkatkan inklusi keuangan di berbagai wilayah, termasuk Provinsi Jambi.

Kepala OJK Provinsi Jambi Endang Nuryadin melalui Deputi Kepala OJK Provinsi Jambi Adi Surahmat, menyampaikan, pihaknya menyadari bahwa belum semua lapisan masyarakat mengenal, memahami maupun terlibat sebagai pengguna jasa bank dan atau lembaga keuangan lainnya.

“Pentingnya Edukasi Keuangan diberikan kepada anggota TNI, sebab TNI bagian dari masyarakat yang juga harus mendapatkan pengetahuan dibidang industri jasa keuangan” katanya dihadapan 350 peserta dari anggota TNI tersebut.

Kondisi masyarakat Indonesia berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilaksanakan OJK pada tahun 2016 menunjukkan masih rendahnya pemahaman dan pemanfaatan produk dan/atau layanan produk jasa keuangan.

Nilai tingkat Literasi Keuangan tahun 2016 hanya 26,91%, penduduk Jambi yang memiliki pengetahuan dan keyakinan tentang Produk dan Jasa Lembaga Jasa Keuangan. Adapun indeks inklusi atau penggunaan produk dan jasa keuangan di Jambi adalah sebesar 69,82%.

“Kami berharap, melalui kegiatan ini dapat memberikan informasi kepada seluruh Anggota TNI Korem 042/Garuda Putih, khususnya terkait Produk dan Jasa Keuangan. Setelah kegiatan ini, anggota TNI tidak ragu lagi untuk menentukan produk dan jasa keuangan mana yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan Bapak/Ibu Anggota TNI Korem 042 Garuda Putih,” katanya.

Dalam sambutannya, Ia pun berpesan agar anggota TNI sebelum menggunakan produk dan jasa keuangan, untuk mengingat beberapa hal terkait perilaku “Sikapi Uang Dengan Bijak” yaitu Kenali kebutuhan dan produknya, Kenali manfaat dan risikonya, dan Pahami Hak dan Kewajibannya.

Kegiatan berlangsung baik dengan menghadiri empat narasumber terkait pengenalan tugas dan fungsi OJK, pengenalan satgas waspada investasi, dan pengenalan industri jasa keuangan.

Keempat pemateri tersebut yakni Agus Setiawan Wibowo dari OJK , Jafri Suman Pimpinan Jiwasraya, Azhari dari BRI Cabang Jambi, dan Rena Novita dari IDX Provinsi Jambi.(*/Rilis)

 

Editor   : Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top