Jumat, 24 November 2017 |
Pendidikan & Teknologi

Endless OS Lakukan Pembaharuan Sistem Operasi Desktop dan Laptop andalannya

Minggu, 30 Juli 2017 21:27:57 wib
Ilustrasi/google.co.id

JAMBIDAILY TEKNOLOGI-Endless mengumumkan ketersediaan Endless OS 3.2, pembaharuan sistem operasi desktop dan laptop andalannya. Endless OS 3.2 menawarkan para penggunanya peningkatan pengalaman penggunaan desktop, App Center, fitur baru notifikasi terintegrasi, dan penyempurnaan Endless Desktop Search untuk pencarian informasi yang lebih baik. Dibuat dengan code base GNOME yang diperbaharui dan sudah termasuk ribuan fitur terkini, versi OS terbaru ini memampukan para pengembang untuk memasang aplikasi dengan lebih mudah, didukung pula oleh IDE multifungsi dan fitur penting lainnya yang memperkaya kemampuan para pengembang aplikasi.

“Pembaharuan Endless OS adalah wujud kepercayaan kami terhadap open source sebagai roda inovasi yang menyatukan individu, ide, dan organisasi terbaik dari seluruh dunia untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar menarik bagi pengguna,” ujar Matt Dalio, CEO and Founder, Endless Computers. 

"Sejalan dengan pembaharuan ini, kami sedang mempersiapkan lebih dari 50 aplikasi tambahan untuk pasar tujuan kami termasuk Indonesia, Thailand, Vietnam, Brazil, Amerika Latin, dan Amerika Utara," Terangnya

Kini pengguna juga bisa mengintegrasikan akun-akun daring populer seperti Facebook, Google, Microsoft, dan layanan web lainnya dengan Endless OS. Navigasi desktop dibuat lebih mudah dan ada juga opsi pembuatan akun pengguna desktop baru tanpa kata kunci. Sejak pertama kali dinyalakan, Endless OS menyediakan semua yang pengguna butuhkan untuk belajar, bekerja, dan berekreasi, termasuk berbagai aplikasi pendukung hiburan, permainan, kesehatan, hingga riset, pendidikan, dan usaha kecil.

Dalio menambahkan, “Kami telah membuat sistem operasi yang luar biasa mudah dan dapat diandalkan, cocok untuk siapa pun yang ingin meninggalkan sistem berbayar atau yang hanya berguna ketika terhubung dengan internet. Dengan fitur-fitur baru di versi 3.2 seperti pengalaman pengguna yang lebih sederhana, kontrol sistem lebih intuitif dan investasi teknis yang memperkaya penawaran aplikasi, Endless sekali lagi menetapkan standar tinggi sebagai sistem operasi termudah yang pernah Anda gunakan”.

Para pengembang juga akan menyukai kemampuan baru Endless OS 3.2 yang mempercepat pemasangan aplikasi-aplikasi khusus dan sesuai dengan kebutuhan berbagai target pasar. Hampir semua aplikasinya bekerja tanpa membutuhkan koneksi internet, sehingga menjamin keseluruhan Endless OS bekerja baik dalam keadaan offline serta di area-area minim bandwith maupun dalam keadaan online. Pengembang aplikasi pun disuguhi dengan penyempurnaan aplikasi Builder dan Flatpak, termasuk kemampuan instalasi aplikasi Flatpak dari pihak ketiga. 

“Endless OS dibuat di atas hasil kerja komunitas peranti lunak gratis dan open-source selama beberapa dekade, dan kami berhutang banyak kepada mereka,” kata Cosimo Cecchi, Director of Core Engineering, Endless Computers. 

“Kami ingin membuat Endless OS sangat ramah guna bagi para pengembang. Dengan investasi jangka panjang komunitas pada Flatpak serta pengubahan arsitektur Endless OS, penyebaran aplikasi ke platform kini jauh lebih mudah sehingga memperbesar potensi jumlah pengguna aplikasi,” Tambahnya.

Endless OS 3.2 mempermudah para pengembang untuk berkontribusi dengan adanya lingkungan pengembangan yang jauh lebih aman dan andal dibandingkan sebelumnya. Informasi khusus mengenai fitur-fitur terbaru Endless OS 3.2 serta versi GNOME terbaru, yang meliputi puluhan ribu perubahan yang dibuat para kontributor proyek open-source di seluruh dunia, bisa dilihat secara rinci di Catatan Rilis Endless OS 3.2. Versi terbaru Endless OS sudah tersedia juga untuk diunduh secara gratis di situs resmi Endless, dan sudah menjadi OS bawaan beberapa jajaran merek notebook, yaitu Acer, Asus, dan HP di Indonesia, Thailand, dan Brazil.(*)

 

Sumber : Endless Computer/Rilis
Editor    : Hendry Noesa

KOMENTAR DISQUS :

Top