Sabtu, 24 Agustus 2019 |
Wisata & Budaya

Eri Argawan, Lepas Keberangkatan Sekintang Dayo Menuju Gelar Tari Remaja 2019

Senin, 01 Juli 2019 20:28:31 wib
Foto: Ist/Sanggar Sekintang Dayo

JAMBIDAILY SENI, Budaya - Senin (1/7/2019) Tim tari Sekintang Dayo berangkat ke Jakarta dan bergabung dengan 33 propinsi mengikuti Gelar Tari Remaja 2019 di Gedung Kesemian Jakarta.

Ketua Sekintang Dayo Eri Argawan, melepas rombongan dimana Rabu (3/7/2019) akan tampil dengan nomor undian ke-8, Pada gelaran ini Sekintang Dayo membawakan tari "Tapak Kadam" dari Merangin.

"Tapak Kadam" merupakan seni tradisi yang berakar dari desa Madras, Jangkat kabupaten Merangin. Tari ini untuk menarik perhatian masyarakat apabila diadakan dalam keramaian.

Tari kadam dimaknai penjelmaan seekor harimau yang dipercaya sebagai penjaga kampung  Madras. Harimau akan muncul kapan saja apabila kampung mereka terancam. 

Untuk mempertahankan keberadaan tari ini, penata tari mencoba mengolah dan bereksperimen dengan memunculkan bentuk baru serta menambah jumlah penari. Tari Tapak Kadam dimainkan 6 penari dan didukung 6 pemusik.

Aktivis Seni, Sakti Alam Watir mengatakan Sekintang Dayo merupakan sanggar tari yang sudah lama dan masih bertahan sampai sekarang. "Semoga mengikuti festival menambah koleksi tropi yang sudah dimiliki sebelumnya," kata Sakti. (saw)

KOMENTAR DISQUS :

Top