Rabu, 26 Juni 2019 |
Ekonomi

Fachori: Budidaya Ikan Semah Dapat Berjalan Baik

Sabtu, 19 Januari 2019 10:39:34 wib

JAMBIDAILY KERINCI - Pelaksana Tugas Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar, M.Hum,  didampingi sejumlah Pejabat Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Jambi meninjau Instalasi Pendung Semurup Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, Jumat (18/1/19) sore. 

Instalasi budidaya ikan terutama ikan semah serta pengembangbiakan jenis lainnya seperti nila juga terlihat dalam beberapa petak kolam besar.

Fachrori Umar melihat langsung pengurutan ikan semah betina oleh petugas balai benih ikan menggunakan handuk kain halus pada bagian perut ikan semah dari arah dada ke arah anus. Piring kering dan bersih disediakan menjadi wadah untuk menampung telur kemudian sperma dicampur dengan telur yang sudah berada dipiring yang tidak tercampur air. 

Selanjutnya dengan menggunakan bulu  ayam sperma yang telah disemprot lalu diaduk hingga merata pada proses selanjutnya dicuci menggunakan air bersih kemudian dipindahkan ke aquarium. "Tenaga disini merupakan sarjana yang telah mampu bekerja untuk budidaya ikan semah dan berjalan baik," ungkap Fachrori. 

Masa menetas menjadi larva 4-5 hari selanjutnya larva ikan semah akan mulai makan pada hari kesepuluh yang harus tersedia makanan sesuai ketentuan.

Kunjungan Kerja Plt. Gubernur Jambi ke Kabupaten Kerinci didampingi Kadis Kelautan dan Perikanan Temawisman,S.Pi, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Asraf, S.Pt, M.Si, Kepala Biro Humas dan Protokol Johansyah,SE,ME, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Drs.Ariansyah,ME, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Drs.Ujang Hariadi, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Drs. Lutpiah Kepala Biro Hukum M. Ali Zaini,SH, Kepala Biro Pembangunan dan Kerjasama Novriadi AP, M.Si.

Dalam kunjungan tersebut Plt Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum,  berkesempatan menabur pakan dikolam yang berisi ikan nila,"Menabur yang baik seperti ini," kata Fachrori Umar.  

Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi Temawisman, S. Pi, menerangkan keberadaan tenaga di Instalasi Pendung sudah dapat bekerja baik untuk budidaya ikan semah yang berharga tinggi di pasaran. (Raihan, foto: Agus, video: Latib/Humas Pemprov Jambi)

KOMENTAR DISQUS :

Top