Jumat, 21 September 2018 |
Nasional

Fachrori Gelorakan Semangat Pramuka

Kamis, 30 Agustus 2018 20:00:28 wib

JAMBIDAILY NASIONAL - Diawali dengan pertunjukan aksi teatrikal dengan tema Pramuka Perekat NKRI dan diakhiri dengan tarian Gemu Famire, ratusan Pramuka Siaga, Penggalang beserta Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi selaku Kamabida Gerakan Pramuka Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar, M. Hum dan jajaran pengurus Pramuka Provinsi dan Kabupaten/Kota larut dalam kegembiraan gebyar Apel Besar Hari Pramuka ke-57 Tingkat Kwarda Gerakan Pramuka Jambi, Kamis (30/8), bertempat di Lapangan Depan Kantor Gubernur Jambi.

Selain itu, saat apel besar Hari Pramuka tersebut juga disematkan tanda penghargaan orang dewasa dan pengalungan Pramuka Garuda utusan Kwartir Cabang jajaran Kwarda Jambi. Ada pemberian piagam dan tali asih kepada kakak dan sesepuh dan tokoh Pramuka di Provinsi Jambi.

Plt. Gubernur Jambi usai memimpin upacara Apel Besar Hari Pramuka langsung menjumpai dan bergabung dengan seluruh peserta upacara. Dan pada sesi wawancara, Fachrori menegaskan bahwa generasi muda harus memiliki semangat yang menggelora untuk menghidupkan dan menjiwai kegiatan Gerakan Pramuka sebagai wadah untuk mempersatukan bangsa.

"Lihat tadi kita sudah bersama bergembira melaksanakan apel besar ini dan kami yang sudah mulai berumur saja masih semangat, apalagi anak-anak muda harus lebih semangat lagi dalam menggelorakan dan menggerakkan kegiatan Pramuka dan jadikan Pramuka ini sebagai wadah pemersatu bangsa. Saya percaya bahwa Pramuka akan membentuk generasi muda yang berakhlak mulia dan mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Fachrori.

Fachrori menjelaskan, kegiatan Pramuka ini telah berada di seluruh pelosok negeri mulai dari sekolah dasar.

"Pramuka sudah ada sejak lama sekali bahkan sejak saya usia sekolah dasar dan sampai di pesantren pun saya belajar tentang Pramuka jadi Pramuka bukan hanya untuk anak-anak yang berada di sekolah negeri atau swasta saja, tetapi juga sampai ke tingkat pesantren di seluruh pelosok negeri karena ajaran di dalam Pramuka sesuai dengan nilai-nilai nilai budaya bangsa. Harus diingat oleh seluruh generasi muda terutama Pramuka bahwa perbedaan inilah yang membuat kita menjadi kuat dan perbedaan inilah yang harus memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, kita tidak boleh terpecah belah oleh apapun," tegas Fachrori.

Sebelumnya, Ketua Kwarda Jambi, Kol.Purnawirawan H.Sudirman SH MH dalam laporannya menyampaikan bahwa ada banyak sekali kegiatan melaksanakan menyambut peringatan Hari Pramuka ke 57 ini.

"Ada beberapa rangkaian kegiatan sebelum pelaksanaan apel puncak, kegiatan itu malam renungan suci dan ulang janji Pramuka, ziarah dan tabur bunga, ziarah kubur ke Taman Makam Pahlawan, Pramuka Kwarda Jambi, bakti sosial ke panti asuhan, donor darah sukarela, penilaian kwartir cabang tergiat, sidparda dan Rakerda Kwarda Jambi," tuturnya.

Ketua Kwarda Jambi juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten/Kota terutama Pemerintah provinsi yang telah memberikan bantuan kepada Pramuka di Jambi dengan adanya hibah, sehingga Pramuka dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan untuk pengembangan Pramuka. (Maria/edit: Mustar, foto: Novriansah, video : Said Usman, drone: Willy Sanu/Humas Pemprov Jambi).

KOMENTAR DISQUS :

Top