Selasa, 11 Desember 2018 |
Nasional

Fachrori Harap APPSI Tingkatkan Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif

Senin, 02 Juli 2018 23:08:54 wib

JAMBIDAILY NASIONAL  - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengemukakan, Pemerintah Daerah harus membangun hubungan tata kelola pemerintahan daerah yang lebih efektif, bermanfaat bagi masyarakat banyak, serta bersinergi dengan program pemerintah pusat. Fachrori berharap agar Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) turut meningkatkan tata kelola pemerintahan yang efektif. Hal itu dikatakan Fachrori saat menghadiri Pengukuhan Dewan APPSI oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo,SH, dan Rapat Kerja Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia serta Halal bi Halal Menteri Dalam Negeri RI Bersama Gubernur se Indonesia, bertempat di Ruang Flores A. Lt. 1 Hotel Borobudur Jakarta Pusat, Senin (02/07/2018).

Pengukuhan tersebut dihadiri oleh gubernur seluruh Indonesia atau yang mewakili. Plt.Gubernur Jambi didampingi oleh Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Jambi, Rahmad Hidayat.

Kepengurusan APPSI periode 2015-2019 sebelumnya dipimpin oleh Syahrul Yasin Limpo dan dilanjutkan oleh Soekarwo Gubernur Jawa Timur sebagai ketua umum, Wakil Ketua APPSI Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, Ketua I Bidang Hukum dan Pemerintahan Gubernur Sumatera Barat Irwan Paiyitno, Ketua II Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo mengharapkan agar seluruh pengurus APPSI meningkatkan sinergitas antara lembaga pemerintah bisa berjalan lebih baik dan efektif. "Saya minta kepada seluruh kepala daerah yang baru saya lantik sebagai Pengurus APPSI agar melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Saya percaya bahwa saudara-saudara akan mampu melaksanakan senerigitas pemerintahan dengan baik," ujar Mendagri.

Menurut Tjahjo, pengukuhan Dewan Pengurus APPSI sebagai upaya pemerintah memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. "Dengan adanya APPSI ini, saya meyakini dapat meningkatkan hubungan sinergitas antara lembaga pemerintah dan masyarakat," ungkap Mendagri.

Sebelumnya, Ketua  Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia Soekarwo menyampaikan, rapat APPSI ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi daerah serta meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, dan membangun hubungan tata kelola pemerintahan pusat dan daerah yang lebih efektif sekaligus penghubung pemerintah daerah kepada pemerintah pusat.

"Pengukuhan ini dapat membuat Pemerintah Provinsi berkerja lebih efektif. Hubungan kemitraan antar provinsi seluruh Indonesia dapat terus ditingkatkan," sambungnya.

Selain itu, Pemerintah Provinsi diharapkan dapat menjembatani kepentingan Pemerintah Kabupaten/Kota dengan Pemerintah Pusat.

Usai mengikuti Pengukuhan Dewan Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia, Fachrori menjelaskan, dengan adanya rapat APPSI ini pemerintah daerah harus menyiapkan program-program unggul yang efektif yang bersinergi dengan program Pemerintah Pusat. "Kita bisa menyusun program-program kerja yang menyentuh kepada masyarakat, mulai pembangunan dari desa hingga provinsi bersinergi dengan lembaga-lembaga pemerintahan dan seluruh pihak terkait," jelas Soekarwo.

"Di Provinsi Jambi banyak sekali yang perlu kita usulkan diantaranya penyelesaian permasalahan pendidikan, masih banyaknya sekolah kekurangan lokal belajar dan ruang praktek (Praktikum) dan ruang perpustakaan, ini sudah menjadi perhatian kita, masalah perkebunan dan pertanian," lanjut Fachrori.

"Kita mengharapkan rapat APPSI ini dapat melahirkan ide-ide serta pemikiran kreatif dan inovatif untuk tercapainya tujuan APPSI," pungkas Fachrori.

Setelah pengurus APPSI dikukuhkan, dilanjutkan dengan rapat gubernur seluruh Indonesia selaku pengurus dan anggota APPSI, kemudian halal bi halal bersama Menteri Dalam Negeri. (Sapra Wintani/edit: Mustar, foto: Amirzan, video: Adi Putra/Humas Pemprov Jambi).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top