Minggu, 18 November 2018 |
Kesehatan & Olahraga

Fachrori Harap LDN Lahirkan Bibit Unggul Sepak Bola

Kamis, 27 September 2018 22:40:13 wib

JAMBIDAILY TEBING TINGGI, Tanjabbar - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum berharap agar Liga Desa Nusantara (LDN)-kejuaraan sepakbola se Indonesia yang mempertandingkan juara antar kabupaten-bisa melahirkan bibit-bibit unggul sepak bola untuk menjadi pesepak bola yang profesional. Selain itu, Fachrori juga berharap agar LDN bisa memberikan multiplier effect (efek ganda), yakni turut mendorong perekonomian desa. Harapan tersebut dikemukakan Fachrori saat Membuka Liga Desa Nusantara (LDN) Seri Provinsi Jambi Tahun 2018, bertempat di Desa Purwodadi Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kamis (27/09) sore.

"Saya mengajak semua lapisan masyarakat untuk memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya even ini. Mudah-mudahan dapat memberikan manfaat bagi pengembangan ekonomi masyarakat desa, selain manfaat kemajuan sepak bola di Provinsi Jambi," tutur Fachrori.

Fachrori mengemukakan, momentum ini bisa menjadi sebuah ruang dalam usaha meningkatkan perekonomian masyarakat desa, sehingga kesejahteraan masyarakat desa juga meningkat. LDN ini juga merupakan ruang publik desa untuk mensosialisasikan dan mentransparansikan dana desa yang telah diberikan oleh pemerintah.

"Saya menginginkan, kegiatan ini bisa digelar secara intens setiap tahunnya dan dilaksanakan secara berkelanjutan, sehingga output dari kegiatan ini jelas secara nyata dan bukan hanya menjadi agenda formalitas dan seremony belaka," terang Fachrori.

Lebih lanjut, Fachrori berpesan kepada para peserta LDN untuk menjunjung tinggi sportivitas dan fair play. "Semoga LDN ini bisa melahirkan bibit unggul dan nantinya akan menjadi pemain nasional yang berkualitas serta mengharumkan nama Indonesia," pungkas Fachrori.

Kasubdit Kesmas Ditjen PPMD Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Ibrahim Ben Bella Bouty,S.Pt,MPA menyampaikan, LDN ini bertujuan untuk menggali potensi yang ada di desa, khususnya pada bidang olahraga sepak bola, karena sangat banyak sekali potensi dari desa-desa di Indonesia. "LDN ini juga bertujuan untuk memacu dan meningkatkan perekonomian masyarakat desa, sehingga kesejahteraan masyarakat desa turut meningkat pula," ujar Ibrahim.

"Saya mengharapkan, akan lahir bibit bibit unggul dari terselenggaranya LDN ini yang nantinya menjadi pemain sepak bola profesional dan menjadi bagian dari tim nasional sepak bola untuk mengharumkan nama Indonesia," harap Ibrahim.

Lebih lanjut, Ibrahim mengungkapkan, LDN ini merupakan ajang silahturahmi antar desa, khususnya desa yang ada di Provinsi Jambi, karena antara satu desa dengan desa yang lain belum tentu saling mengenal. "Melalui event ini, kita bisa lebih saling mengenal satu sama lain dan lebih mempererat rasa persatuan diantara kita," kata Ibrahim.

Koordinator Liga Desa Nusantara Provinsi Jambi, Baharuddin melaporkan, LDN pertama kali digelar pada tahun 2017 dan hanya diadakan di 2 Provinsi. Tahun 2018, LDN diadakan di 12 Provinsi, termasuk Provinsi Jambi. "Alhamdulillah, Provinsi Jambi ikut dipercaya untuk menggelar Liga Desa Nusantara ini," kata Baharuddin.

Baharuddin mengatakan, LDN Seri Provinsi Jambi ini merupakan kompetisi para juara dari LDN Seri Kabupaten yang telah digelar di 6 Kabupaten dalam Provinsi Jambi. “Ada 6 desa yang menjadi perwakilan untuk LDN Seri Provinsi Jambi dari masing-masing kabupaten, yaitu Desa Sakean Kabupaten Muaro Jambi, Desa Karang Dadi Kabupaten Tebo, Desa Napal Sisik Kabupaten Batanghari, Desa Kroya Kabupaten Merangin, Desa Pematang Rahim Kabupaten Tanjung Jabung Timur, dan Desa Pematang Lumut Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” tutur Baharuddin.

Lebih lanjut, Baharuddin mengemukakan, juara dari LDN Seri Provinsi ini akan mengikuti LDN Seri Nasional untuk mewakili Provinsi Jambi, serta berkesempatan untuk mengikuti seleksi menjadi tim nasional sepak bola yang nantinya mengharumkan nama Provinsi Jambi. (Richi/edit: Mustar, foto: Roni Azhari, video: Willy Sanu/Humas Pemprov Jambi).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top