Selasa, 11 Desember 2018 |
Ekonomi

Fachrori Harap Perdagangan Antar Daerah Dorong Peningkatan Produk Jambi

Kamis, 06 Desember 2018 18:24:29 wib

JAMBIDAILY EKONOMI - Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) menggelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan Program Kerjasama Perdagangan Produk Unggulan Antar Daerah yang berlangsung di Hotel Borobudur Jakarta, Kamis (6/12/18).

Gubernur beserta Asisten bidang Pemerintahan, Perekonomian, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan, Kepala Biro yang membidangi Pemerintahan dan Kerjasama dari seluruh provinsi  se Indonesia ikut serta dalam rapat tersebut. 

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum berharap agar kerjasama perdagangan antar daerah mendorong peningkatan produk-produk Jambi, dari sisi kualitas, kuantitas, dan kontinuitas, yang selanjutnya bisa meningkatkan perekonomian Provinsi Jambi.

Fachrori menaruh harapan dengan adanya keterbukaan informasi, produk atau hasil bumi maupun kerajinan suatu daerah mampu untuk dikerjasamakan guna meningkatkan perekonomian masing-masing daerah. "Seluruh provinsi dapat bekerjasama tentang hasil atau produk daerah," ujar Fachrori Umar. 

Fachrori menegaskan kehadiran dirinya mengikuti kegiatan tersebut guna mendukung peningkatan ekonomi masyarakat khususnya Provinsi Jambi. "Harapan positif, Jambi lebih baik dengan adanya kerjasama yang diupayakan antar daerah," harap Fachrori. 

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Jambi Drs.H.Apani Saharudin menjelaskan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia, akhir tahun 2018 yang dilaksanakan di Jakarta berguna untuk mengevaluasi kerjasama yang dilakukan antar daerah. "Potensi masing-masing daerah banyak sekali informasi yang belum sampai ke daerah lain, dengan asosiasi ini saling membuka informasi untuk hal baik dengan melakukan kerjasama," ungkap Apani. 

Apani Saharudin menyampaikan, hasil bumi Jambi seperti karet, sawit, kelapa dalam maupun produk lainnya membutuhkan aliran distribusi barang dengan kelancaran dibidang perdagangan. "Data kita sudah valid untuk hasil bumi kita siap kerjasama, seperti contoh kelapa dalam, sawit, dan untuk karet berkaitan hilirisasi yang perlu ditingkatkan juga kita sudah kerjasama dengan Jawa Timur dibidang lain," ujar Apani. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi, Drs.Ariansyah,ME, saat ditanya terkait kerjasama yang dilakukan dengan Jawa Timur mengatakan bahwa kerjasama tersebut dalam tataran business to business (bisnis dengan bisnis), terkait pupuk dan garam.

Kegiatan yang dilaksanakan APPSI tersebut menjadi wadah memperkuat perekonomian Indonesia dengan keberpihakan pemerintah daerah untuk meningkatkan nilai jual hasil alam yang dapat berdampak terhadap peningkatan perekonomian daerah dan masyarakat. (Raihan/edit: Mustar, foto: Adi, video: Said Usman/Humas Pemprov Jambi).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top