Jumat, 19 Juli 2019 |
Pendidikan & Teknologi

Fachrori : Pemerintah Harus Sediakan Pelayanan Publik yang Optimal

Rabu, 29 Agustus 2018 12:58:19 wib

JAMBIDAILY MUARA SABAK  - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengemukakan bahwa pemerintah, baik Pemerintah Provinsi Jambi, maupun Pemerintah Kabupaten/Kota sebagai daerah otonom sampai dengan kecamatan, desa dan Kelurahan dituntut dapat menyediakan pelayanan publik yang optimal. Hal itu disampaikannya saat membuka Rapat Koordinasi Pemerintah Bawahan Lingkup Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, bertempat  Aula Rumah Dinas Bupati Tanjung Jabung Timur, Selasa (28/08/2018) malam.

Tampak hadir Para OPD Pemerintah Provinsi Jambi dan OPD Kabupaten Tanjung Jabung Timur, para camat, lurah dan kepala desa se Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

"Setiap pemerintah Kabupaten/kota sebagai daerah otonom sampai dengan kecamatan, desa dan kelurahan dituntut dapat menyediakan pelayanan publik yang optimal. Disamping itu pemerintah Kabupaten/Kota juga harus kreatif dan inovatif dalam mengelola sumber daya bagi pembangunan," ujar Fachrori.

"Rakor yang dilaksanakan ini memiliki arti dan makna yang sangat penting bagi daerah yang memilki fungsi ganda, yaitu sebagai penyelenggara pemerintahan, sekaligus sebagai penyelenggara utama pembangunan di daerah. Sebagai penyelenggara pemerintahan di daerah, pemerintah daerah berperan menata kehidupan masyarakat dalam kerangka regulasi. Sedangkan sebagai penyelenggara utama pembangunan di daerah, pemerintah daerah berperan sebagai pelaksana dan penanggung jawab utama atas keseluruhan proses pembangunan yang dilaksanakan di daerah, yaitu sebagai kerangka investasi penyedia barang dan pelayanan publik."

"Semua harus dilakukan secara benar sehingga tujuan desentralisasi yaitu sebagai peningkatan kesejahteraan rakyat, pemerataan keadilan dan akuntabilitas pemerintahan dapat tercapai secara terukur," sambung Fachrori.

Fachrori mengatakan bahwa perbaikan pelayanan publik akan meningkatkan daya tarik investasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi sehingga kesejahteraan masyarakat akan meningkat, dan, tujuan utama kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah yaitu terwujudnya peningkatan kesejahteraan seluruh masyarakat dan kegiatan pembangunan di daerah.

"Reformasi diharapkan berdampak positif terhadap kinerja ekonomi dan pembangunan, meskipun memerlukan waktu yang panjang. Dengan mendekatkan pengambilan keputusan ke masyarakat, perumusan strategi dan langkah-langkah pembangunan lebih responsif menangkap kebutuhan atau pun isu yang berkembang," jelas Fachrori

Fachrori menyatakan, koordinasi yang diselenggarakan sebagai media untuk sosialisasi tentang Visi Misi Jambi TUNTAS 2021 sekaligus sebagai penampung aspirasi dan informasi serta masukan-masukan terhadap penyelenggaraan pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan dari masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Timur. "Saya tak henti-hentinya mengajak kita semua untuk senantiasa bahu-membahu, bersatu padu berkerja sama serta memberikan dan meningkatkan pengabdian untuk kemajuan Provinsi Jambi," imbau Fachrori.

Sebelumnya, Bupati Tanjung Jabung Timur, H. Romy Harianto menyampaikan, Pemerintah Tanjabtim siap menjalankan Visi Misi Jambi TUNTAS.

“telah banyak bantuan dari Provinsi Jambi yang  dikucurkan, untuk itu kami terus bersinergi dengan pemrov dan pemerintah pusat. Semua kegiatan dan pembangunan yang dilaksanakan di Tanjung Jabung Timur tidak terlepas dari bantuan Pemerintah Provinsi Jambi, Pemkab akan terus berupaya sekuat tenaga mensejahterakan masyarakat dengan mencari solusi terbaik bagi masyarakat," ungkap Bupati

Pada kesempatan tersebut diadakan dialog kepala desa dengan Plt. Gubernur Jambi yang dipandu oleh bupati Tanjung Jabung Timur. (Sapra Wintani/edit: Mustar, foto: Agus, video: Latib/Humas Pemprov Jambi).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top